Sukses

Bedakan nifas dengan haid

17 Oct 2014, 02:52 WIB
Wanita, 27 tahun.
Pagi dokter, tgl 10 mei saya melahirkan normal tp usia kandungan br 5 bulan dan bayi saya hanya mampu bertahan 1 jam dan selama hamil saya tidak pernah jatuh hanya saja rahim saya mmng agak turun dan pekerjaan yg menuntut saya harus naik turun tangga krn ruangan saya di lt.3. Pada saat itu dokter yg membantu persalinan saya mengatakan bayi dan plasentanya sudah keluar smua, tgl 17 saya USG hasilnya masih ada yg tertinggal jd saya dberi obat selama seminggu untuk membersihkan rahim dan setelah minum obat itu ada seperti daging yg hancur berwarna pink dan tanpa darah, tgl 24 saya periksa lagi tetapi kali ini periksa dalam dan hasilnya sudah bersih hanya saja ada luka sedikit dan jg iritasi dr pembalut jadi saya dberi obat cancid dan trichodazol, setelah itu keluar darah lagi hingga sekarang dan tidak nyeri. Yang ingin saya tanyakan apakah itu normal dan biasanya lamanya nifas itu sampai berapa lama? lalu apakah mungkin saya langsung menstruasi karena semasa gadis saya tidak pernah mengalami senggugutan atau nyeri haid jd saya pun ga bs membedakan. Mohon penjelasannya dokter dan terima kasih sebelumnya atas penjelasannya.( perempuan, 27 thn,150 cm,46 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

 

Ibu/Saudari yang Terhormat,

 

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Masa nifas umumnya berakhir sekitar 40 hari setelah proses persalinan. Berakhirnya masa nifas ditandai dengan berhentinya perdarahan yang keluar dari vagina Anda. 

Adapun darah nifas yang keluar sebenarnya dibedakan menjadi 4 tahap yang secara berurutan, yaitu:

  • lokia rubra ( berwarna merah berisi darah segar, jaringan sisa plasenta, dsb) sekitar 1 minggu.

  • lokia sanguelenta (berwarna merah dan berlendir) sekitar 1-2 minggu

  • lokia serosa (berwarna kekuningan) selama 2 minggu, dan

  • lokia alba (berwarna putih biasa dan bening) sekitar 6 minggu. Lokia alba merupakan darah nifas yang terakhir keluar, menandakan tahap pemulihan dan hampir berakhirnya masa nifas.

Pada beberapa perempuan ( 13%), lokia dapat keluar hingga 60 hari setelah melahirkan. Apakah Anda mengalami tahapan masa nifas tersebut?

Jika darah segar dan banyak keluar kembali setelah Anda sampai di akhir tahapan masa nifas tersebut, kemungkinan besar yang Anda alami adalah menstruasi. Apalagi jika Anda tidak memberikan ASI ekslusif atau pemberian ASI dicampur dengan susu formula atau makanan lainnya.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

 

 

Salam,

 

 

Redaksi Klikdokter

 

 

 

 


    0 Komentar

    Belum ada komentar