Sukses

Masalah Darah

19 Oct 2014, 14:51 WIB
Pria, 24 tahun.
Dokter Ada Yang Saya Ingin Tanyakan Seputar Hemoglobin (HB) 1. Berapa Kadar Normal Untuk HB untuk Laki - laki dewasa ? 2. Apa Yang Menyebabkan Kenaikan HB ? 3. Apa Yang Bisa Dilakukan Untuk Menurunkan HB ? 4. Apakah Ada pengaruh HB tinggi ketika kita test Lab sedang sakit FLU ? Terima Kasih Sebelumnya......( laki-laki, 24 thn,168 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kadar hemoglobin (Hb) untuk setiap negara bahkan untuk setiap laboratorium sering terdapat perbedaan. Kadar 13-16 g/dl untuk laki-laki dewasa merupakan kadar yang paling umum digunakan di Indonesia. Kadar hemoglobin dapat meningkat pada beberapa kejadian, yaitu:

1.     Orang yang tinggal di daerah 2 km lebih tinggi dari permukaan laut memiliki Hb lebih tinggi dari pada orang yang tinggal di daerah yang setinggi permukaan laut. Walaupun hal ini  juga bervariasi untuk tiap individu

2.     Kerja fisik yang berat

3.     Perubahan posisi dapat menyebabkan kada Hb meningkat sementara. Misal, pada posisi berdiri, kadar Hb lebih tinggi dari pada berbaring

4.     Variasi kadar hemoglobin harian juga terjadi, peneliti mengatakan bahwa pada pagi hari seseorang memiliki kadar Hb tertinggi dan pada sore hari memiliki kadar Hb terendah.

Adapun kadar hemoglobin yang lebih tinggi dari rujukan disebut polisitemia. Polisitemia vera merupakan kadar Hb yang tinggi yang diketahui penyebabnya. Sedangkan Polisitemia sekunder dapat disebabkan oleh penyakit jantung bawaan, peyakit paru, tumor hati. Polisitemia relaitf terjadi pada mereka yang mengalami luka bakar. Untuk setiap penyebabnya, penanganannya berbeda-beda.

Hemoglobin adalah protein berpigmen dalam sel darah merah yang berfungsi untuk mengikat oksigen. Laju endap darah adalah kecepatan sel darah merah untuk mengendap dalam tabung laboratorium, digunakan untuk menilai adanya proses radang dalam tubuh. Leukosit adalah sel darah putih dalam tubuh. Masing-masing merupakan komponen yang perlu dinilai dalam pemeriksaan darah lengkap.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar