Sukses

Penanganan varises

20 Oct 2014, 11:01 WIB
Pria, 23 tahun.
Terimakasih atas kesempatannya.. saya mau tanya donk.. sepertinya saya mengalami penyakit Varises.. saya meliahat urat di betis saya bengkok-bengkok... rasa sakit dan nyeri sering saya alami apabila berdiri terlalu lama dan berjalan terlalu lama. rasanya sangat menggangu.. menurut beberapa referensi yang saya baca ini adalah penyakit varises.. yang ingin saya tanyakan 1. apakah penyakit ini bisa disembuhkan? saya pernah membaca varises dapat disembuhkan dengan menyuntik obat pada pembuluh darah untuk memperkecil kembali pembuluh darah yang melebar.berapa lama penyembuhan ini dapat berlangsung? 2. berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk pengobatan varises ini. karena saya harus mempersiapkan biayanya.. dan saya akan mencoba untuk mengumpulkannya. karenaniat saya untuk sembuh sangat kuat. 3. apakah pengobatan dapat dilakukan olah dokter di pukesmas 4. sebagai informasi tambahan. sekarang aktifitas olahraga saya sudah lama tidak saya lakukan. mungkin 1,5 tahun. dan saya sebelumnya mengikuti karate, dan fittnes. demikian pertanyaan saya. besar harapan saya untuk dokte memberikan informasi yg lengakp.. dan terimakasih atas kesempatannya.( laki-laki, 23 thn,171 cm,73 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Varises adalah pembuluh darah vena (terlihat kebiruan) yang melebar dan berkelok-kelok. Katup pembuluh darah vena yang seharusnya dapat menahan aliran darah yang dialirkan dari seluruh tubuh menuju jantung mengalami gangguan. Alhasil aliran darah yang menuju jantung tidak optimal, sisanya akan mengumpul di bagian bawah mengikuti gravitasi bumi, sehingga terjadi penurunan atau hilangnya elastisitas dinding vena dan vena kemudian menjadi melebar dan berkelok-kelok.

Hingga kini, penyebab varises belum diketahui. Namun terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan varises, diantaranya adalah

  • Faktor keluarga ( gangguan katub vena )

  • Faktor hormonal

  • Obesitas

  • Posisi Kerja , dimana sering berdiri lama dan pasif

  • Pernah Trauma ( cedera benda tumpul didaerah kaki )

  • Kehamilan

  • Proses Persalinan

  • Mengangkat Beban Berat

Kesemuanya diatas menyebabkan peningkatan tekanan pada vena ditubuh bagian bawah.

Sebelum menangani varises, harus diperiksa terlebih dahulu berat ringannya varises oleh dokter yang berkompeten. Dalam hal ini, varises dapat ditangani oleh dokter bedah vaskuler atau dokter spesialis kulit dan kelamin yang memiliki sertifikasi. Setelah diperiksa dan dilakukan pemeriksaan khusus, maka dokter akan menentukan penanganan yang tepat-dapat berupa penyuntikan "scleroting agent" atau jika sudah berat dapat dilakukan operasi.

Penyuntikan scleroting agent seperti yang Anda maksud dilakukan langsung pada pembuluh darah yang varises, dan pasien dapat segera pulang untuk beraktivitas seperti biasa sembari menggunakan stocking khusus yang memiliki tekanan tertentu (diketahui dengan pemeriksaan). Tujuannya bukan mengecilkan pembuluh darah, tetapi merusak vena sehingga aliran tersumbat dan kemudian aliran darah akan dialihkan ke vena lain . Perlu diingat bahwa kedua jenis penanganan ini adalah bersifat kosmetik atau memperbaiki penampilan dari kaki Anda. Untuk mencegah terjadinya varises kembali perlu diperhatikan beberapa faktor di atas yang mungkin menyebabkan varises pada diri Anda. Selain itu diperlukan penggunaan stocking khusus untuk mencegah berulangnya varises. Kami sarankan Anda untuk terus melanjutkan kembali melakukan kegiatan olah raga yang sudah Anda tinggalkan, khususnya olah raga yang dapat memperkuat otot betis kaki. Karena otot betis yang kuat dapat berfungsi menjadi pompa aliran darah dari kaki ke jantung.

Mengingat Anda tinggal di Jakarta dan untuk mempermudah pencarian dokter yang dapat melakukan tindakan tersebut, maka kami sarankan Anda untuk mendatangi bagian bedah vaskuler di FKUI-RS Cipto Mangunkusumo. Biaya untuk tindakan penyuntikkan scleroting agent adalah berkisar 400 ribu, sedangkan untuk biaya stocking yang harus digunakan berkisar 700 ribu. Namun, alangkah lebih baik jika Anda dapat mendatangi langsung bagian tersebut agar informasi mengenai biaya yang diperlukan lebih jelas.

Kami juga memiliki koleksi artikel mengenai varises yang Anda akses dengan menekan tombol klik pada link berikut Varises.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    1 Komentar