Sukses

Efek samping KB suntik 3 bln

17 Oct 2014, 06:30 WIB
Pria, 25 tahun.
Selamat siang... Istri saya habis operasi caesar untuk anak yang pertama pada bulan maret lalu. Kemudian pada awal bulan mei ini melakukan suntik kb yang berjangka 3 bulan (per 3 bulan suntik). Setelah itu ada sekali datang bulan dan sampai saat ini tidak datang bulan. Pertanyaan saya, kenapa terkadang keluar bercak darah agak kecoklatan dari kemaluan istri saya? darah apakah itu? Apa benar itu karena efek samping dari kb yang dipkai istri saya? Demikian dari saya, mohon penjelasan dan pencerahannya. Terma kasih. salam mr( laki-laki, 25 thn,169 cm,59 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

 

KB suntik yang dilakukan setiap 3 bulan berisi kandungan hormon progesteron sintetik (progestogen). Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Darah tersebut berasal dari peluruhan lapisan dinding rahim seperti darah haid yang mengalami ketidakteraturan akibat pengaruh hormon.

Jika Anda ingin mengganti jenis KB , pertimbangkan keuntungan, kerugian, efektivitas, efek samping maupun seberapa cepat terjadinya pengembalian kesuburan.Karena masing-masing jenis kontrasepsi memiliki keunggulan dan harus disesuaikan dengan pengguna nya. Anda dapat membaca artikel kami berikut Keluarga Berencana

Namun, pada masa menyusui memang sebaiknya Anda menggunakan KB yang hanya mengandung satu jenis hormon tersebut, progestogen atau alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR)/spiral yang berbahan dasar tembaga. Diskusikan dengan dokter terdekat mengenai pemilihan jenis kontrasepsi.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar