Sukses

Bahayakah lipoma terhadap nyawa?

19 Oct 2014, 09:43 WIB
Wanita, 32 tahun.
Dewan klikdokter yang terhormat, Saya mempunyai istri yang saat ini tengah mengalami keluhan tentang penyakit benjolan yang ada di belakang (pinggang), pernah kerumah sakit dan di deteksi dokter adalah adanya lipom. sekarang ini lipoma/benjolan itu sedikit membesar, tidak ada rasa sakit sedikitpun meskipun benjolan itu ditekan. Pertanyaan saya adalah : 1. apakah lipoma itu membahayakan terhadap nyawa. 2. apa yang harus saya lakukan untuk menyembuhkan/menghilangkah lipoma itu 3. seandainya harus dioperasi apakah operasinya besar/kecil (karena istri saya takut untuk di operasi) 4. apa penyebab dari lipoma (apa mungkin dari KB) istri saya pernah KB PIL dan suntik (KB apa yang tidak beresiko) terimakasih banyak atas jawabannya.( perempuan, 32 thn,160 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 Apakah lipoma itu membahayakan terhadap nyawa?

Lipoma adalah suatu tumor (benjolan) jinak di bawah kulit yang terdiri atas jaringan lemak.Lipoma tidak membahayakan terhadap nyawa karena bersifat jinak.

Apa yang harus saya lakukan untuk menyembuhkan/menghilangkah lipoma?

Pada dasarnya lipoma tidak memerlukan tindakan apapun, kecuali untuk alasan kosmetik atau pembesaran benjolan telah menimbulkan keluhan nyeri dan mengganggu pergerakan. Adapun operasi pengangkatan lipoma dilakukan hanya dengan sayatan yang minimal. Sebagai alternatif lipoma juga dapat diatasi dengan terapi sedot lemak (liposuction) untuk menyedot jaringan lemak di dalam benjolan. Selain itu, saat ini juga tengah dikembangkan metoda lain untuk menghancurkan jaringan lemak dengan injeksi cairan penghancur lemak atau dengan gelombang ultrasonik (ultrasound).

Seandainya harus dioperasi, apakah operasinya besar/kecil (karena istri saya  takut untuk di operasi)?

Yang membedakan antara operasi besar ataupun kecil adalah cara pembiusannya. Dengan operasi yang minimal tentunya pembiusan dilakukan secara lokal hanya pada daerah lipomanya, kecuali dokter Anda memiliki pertimbangan tertentu sehingga memutuskan untuk melakukannya dengan bius umum. Diskusikan hal ini dengan dokter spesialis bedah Anda, ceritakanlah segala perasaan dan kekhawatiran Anda mengenai metoda pembiusan yang disarankan oleh dokter Anda agar dapat dipertimbangkan solusi yang terbaik untuk Anda.

Apa penyebab dari lipoma (apa mungkin dari KB) istri saya pernah KB PIL dan suntik  (KB apa yang tidak beresiko)?

Penyebab lipoma hingga kini belum diketahui. Lipoma cenderung terjadi menurun dalam keluarga, sehingga diperkirakan terdapat keterlibatan genetik pada lipoma.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar