Sukses

Air panas, solusi skabies?

14 May 2010, 17:17 WIB
Pria, 17 tahun.
aslm.,.., mau tanya dok.,.,.,., saya tinggal di asrama dan dulu pernah terkena skabies setelah sembuh penyakit itu kini muncul lagi.,.,., pertanyaan saya apakah penyakit ini bisa di sembuhkan dengan berendam di air panas? terimakasih sebelumnya.,.,.,( laki-laki, 17 thn,164 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Skabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau (mite) Sarcoptes scabei, yang termasuk dalam kelas Arachnida. Tungau ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop atau bersifat mikroskopis. Berendam di air panas tidak dapat menjadi solusi, justru akan membuat kulit menjadi kering. Sebenarnya pengobatan skabies tidak terlalu sulit. Oleskan krim permetrin 5% seluruh tubuh dari leher ke bawah, selama semalam lalu basuh hingga bersih.  Pengobatan ini biasanya diulang setelah 1 minggu. Alternatif pengobatan lainnya adalah dengan krim lindane, dioleskan seluruh tubuh dari leher ke bawah, dan dibersihkan setelah 8 jam.  Kedua obat tersebut efektif, tetapi lindane cenderung mengiritasi kulit, lebih toksik dan tidak boleh diberikan kepada anak-anak dan ibu hamil. Selain itu, dapat diberikan pengobatan per oral, dengan ivermectin. Pengobatan ini diulang setelah 2 minggu. Dapat dipergunakan pula antihistamin seperti CTM untuk mengurangi gatal. Hal lain yang dapat dilakukan adalah merendam pakaian, seprei dan selimut yang dipakai ke dalam air panas.

Untuk informasi yang lebih jelas mengenai penyakit ini, Anda dapat mengakses artikel koleksi kami dengan cara mengklik judul berikut Skabies.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar