Sukses

Yoghurt untuk bayi 8 bulan

19 Oct 2014, 08:59 WIB
Wanita, 1 tahun.
anak saya usianya sudah 8 bln 8 hr tapi sampai sekarang belum bisa merangkak & belum bisa duduk. apakah masih termasuk normal? sebetulnya leher sudah kuat tapi kalau digendong berdiri kepalanya masih harus dipegangi karena kalau dilepas seperti masih belum kuat, agak bergoyang2x begitu. sebagai informasi BB anak saya sekarang 7.6 kg & TB = 72 cm Lalu mohon diinfo juga umur segini sudah bisa dikasih makan yogurt belum ya? yogurt apa saja bisa atau ada yang khusus? terima kasih( perempuan, 01 thn,72 cm,07 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan mengenai ketidakmampuan anak Anda untuk duduk sendiri pada usia 8 bulan, patut mendapatkan perhatian. Memang, seharusnya pada usia sekitar itu, bayi sudah dapat duduk sendiri. Namun, berikan sedikit waktu terhadap anak Anda. Sembari itu, lakukan lah latihan-latihan yang ditujukan untuk memperkuat otot leher anak Anda.

Cara yang dapat dilakukan seperti berikut ini:

  • Mengembangkan fungsi kontrol terhadap kepala
    Latih bayi agar otot-otot lehernya kuat. Letakkan bayi pada posisi telentang. Pegang kedua pergelangan tangan bayi, tarik bayi perlahan-lahan ke arah anda, hingga badan bayi terangkat ke posisi setengah duduk. Jika bayi belum dapat mengontrol kepalanya (kepala bayi tidak ikut terangkat), jangan lakukan latihan ini. Tunggu sampai otot-otot leher bayi lebih kuat.

  • Duduk
    Bantu bayi agar bisa duduk sendiri. Mula-mula bayi didudukkan di kursi dengan sandaran agar tidak jatuh kebelakang. Ketika bayi dalam posisi duduk, beri mainan kecil ditangannya. Jika bayi belum bisa duduk tegak, pegang badan bayi. Jika bayi bisa duduk tegak, dudukkan bayi di lantai yang beralaskan selimut, tanpa sandaran atau penyangga.

Jika dalam beberapa bulan, tidak didapatkan kemajuan. Sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter anak Anda.

Berdasarkan WHO, tinggi badan ideal  anak laki-laki usia 8 bulan berkisar antara 66,5-74,7 cm (rata-rata 70,6 cm) dan berat badan ideal berkisar antara 7-10,5 kg (rata-rata 8,6 kg). Sedangkan tinggi badan ideal anak perempuan usia 8 bulan berkisar antara 64,3-73,2 cm (rata-rata 68,7 cm) dan berat badan ideal berkisar antara 6,3-10 kg (7,9 kg). Sayang sekali Anda kurang mencantumkan jenis kelamin anak Anda. Namun dari data tinggi badan dan berat badan yang Anda lampirkan, status gizi anak Anda dalam keadaan baik. Namun tentunya, penilaian status gizi akan lebih baik dilakukan berdasarkan penampilan klinis langsung dengan dokter anak Anda.

Menurut American Academiy of Pedatris (AAP) susu dan yogurt atau makanan dan minuman lain yang terbuat dari bahan dasar susu sebaiknya dihindari diberikan sebelum usia 1 tahun apabila anak memiliki riwayat alergi atau riwayat keluarga alergi. Namun apabila tidak ada riwayat alergi dapat dicoba pada usia 6 bulan keatas namun sebaiknya didiskusikan terlebih dahulu kepada dokter anak.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

   

 

 

 

 

 

 



    0 Komentar

    Belum ada komentar