Sukses

Sindrom Polikistik Ovarium

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 27 tahun.
Saya kemarin habis USG Tranvag terus kata dokter saya punya polikistik ovarium, kemudian saya diberi resep metformin 500mg 1 x 1 selama 3 bulan. itu fungsinya buat apa ya dok? terus cara kerjanya bagaimana? apakah saya bisa hamil?( perempuan, 27 thn,154 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) merupakan suatu kelainan hormonal dengan beberapa gejala khas yang ditandai oleh adanya sejumlah kista pada ovariumnya (indung telur). PCOS terjadi pada 5-10% wanita dan merupakan penyebab tersering gangguan kesuburan (infertilitas) pada wanita.

Gejala utama dari penderita PCOS yaitu adanya gangguan pada siklus menstruasi dan adanya peningkatan kadar hormon pria (androgen), seperti berjerawat, pertumbuhan rambut yang berlebih di seluruh tubuh (hirsutism), dll. Namun, beberapa wanita mungkin tidak merasakan adanya gejala-gejala PCOS selain mengalami kesulitan untuk mendapatkan keturunan (infertilitas). Infertilitas pada penderita PCOS terjadi karena indung telurnya tidak mampu melepaskan sel telur setiap bulannya.

Disamping mengalami peningkatan kadar hormon pria, PCOS juga dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin perifer dan hiperinsulinemia (tingginya kadar insulin dalam tubuh) akibatnya penderita PCOS cenderung akan mengalami gangguan dalam pengaturan metabolisme lemak (lipid) dan  pengaturan kadar gula darah (kadar gula darah menjadi tinggi dalam tubuh seperti yang terjadi pada penderita gula darah), sehingga mereka menjadi obesitas.

Metformin merupakan obat antidiabetik yang biasa diberikan kepada penderita gula darah untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Penggunaan metformin pada penderit PCOS juga memiliki tujuan yang sama seperti penggunaannya pada penderita gula darah, yaitu untuk memperbaiki resistensi insulin tubuh sehingga kadar gula darah dalam tubuh dapat diturunkan kembali ke kadar normalnya. Metformin juga memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan metabolisme lainnya.

Penggunaan metformin tidak ditujukan untuk memperbaiki tingkat kesuburan anda. Untuk mengatasi masalah gangguan kesuburan, diperlukan terapi hormonal lainnya (seperti obat kontrasepsi oral) yang diberikan setelah berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan subspesialis endokrin.

Dengan mengembalikan keseimbangan hormon di dalam tubuh anda, kemungkinan anda untuk dapat memiliki keturunan masih terbuka. Berkonsultasilah lebih lanjut kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan subspesialis endokrinologi untuk mendapatkan terapi yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga dapat membantu (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar