Sukses

Nyeri dada berulang

19 Oct 2014, 09:09 WIB
Wanita, 19 tahun.
Dok, saya ingin tanya mengapa saya merasakan nyeri dada sebelah kiri ditempat jantung. Nyerinya seperti ditusuk-tusuk. Pertama kali terasa 2 tahun lalu, nyerinya datang tiba-tiba saat sedang bersantai, menjalar sampai ke bahu. Orang tua membawa saya ke dokter jantung dilakukan EKG tapi hasilnya normal. Dianjurkan Echo tapi tidak dilakukan. Setelah itu jarang sekali muncul. Nah belakangan ini muncul lagi. Kadang terjadi juga di tempat lain selain di sebelah kiri misal di kanan atas atau di tengah dada. Saya juga sering merasa tidak lega saat bernafas. Rasanya nafas saya pendek dan tidak puas. Saya punya asma, tapi saya rasa sesaknya berbeda dengan serangan asma. Apakah saya perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut ? Jika ya, apakah kelainan bisa terdeteksi walaupun pemeriksaan dilakukan saat tidak mengalami nyeri ? Terima kasih.( perempuan, 19 thn,161 cm,88 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan nyeri dada yang khas atau angina pektoris seperti yang Anda rasakan, paling banyak dan serius disebabkan oleh iskemia (sel pucat) atau infark(kematian sel) jantung. Hal ini terjadi bila suplai oksigen ke otot jantung tidak sesuai dengan kebutuhan otot jantung terhadap oksigen itu sendiri. 

Keluhan tersebut harus ditindaklanjuti dengan pemeriksaan EKG. Jika EKG menunjukkan hasil yang normal, tidak langsung menyingkirkan diagnosis penyakit jantung iskemia akut, tetapi risiko ancaman jiwanya mungkin lebih ringan pada pasien dengan hasil elektrogram yang normal atau mendekati normal. Setelah pemeriksaan EKG, dilakukan juga pemeriksaan laboratorium enzim jantung, yaitu CK, CK-MB, dan Troponin kardiak (I dan T). Sudahkah Anda melakukan pemeriksaan tersebut? Pemeriksaan imaging seperti Echocardiografi dilakukan jika pada pemeriksaan fisik oleh dokter ditemukan kelainan yang mengarah pada gangguan fungsi jantung. Kemudian, pasien diberikan obat-obatan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya nyeri dada yang berulang.

Jika akhir-akhir ini, Anda merasakan keluhan tersebut kembali, kapan terakhir Anda merasakan nyeri? Jika baru beberapa jam yang lalu dan sekarang sudah tidak, sebaiknya Anda kembali melakukan pemeriksaan EKG dan enzim jantung. Namun jika sudah lebih 24 jam, lakukan pemeriksaan EKG saja. Pada EKG , tetap terdapat dua kemungkinan yaitu ditemukan kelainan ataupun tidak. Kemudian, Anda kembali diberi obat-obatan sesuai dengan arah diagnosa yang didapatkan dari wawancara dan pemeriksaan fisik.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar