Sukses

Normalkah keputihan saya?

20 Oct 2014, 08:41 WIB
Wanita, 22 tahun.
Saya belum menikah,saya mengalami keputihan.Paling banyak di sore hari dengan lendir kekuningan tanpa gatal baunya pun asam susu.tiap hari baek itu sebelum siklus haid maupun setelah siklus haid.Hari biasa pun datan. Saya tiap hari memakai pantyliner diganti 2x sehari tiap 4 jam,dan menggunakan pembersih wanita latacyd.Apakah keputihan saya normal?Apa nama pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui memastikan normal ato tidak keputihan saya?Apa solusi buat saya?thx( perempuan, 22 thn,156 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

  

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

 

 

Sebelum mengobati keputihan, pertama harus dipastikan terlebih dahulu keputihan yang Anda alami adalah keputihan yang patologis atau dengan kata lain keputihan yang terjadi karena adanya penyakit dan harus diobati.

 

 

Keputihan normal/fisiologis memiliki ciri-ciri tampak bening (tidak berwarna), tidak berbau, tidak banyak, dan tidak menimbulkan keluhan seperti rasa gatal atau terbakar pada kemaluan. Sedangkan jika disebabkan oleh jamur maupun bakteri keputihan akan terlihat berwarna (putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak, dan disertai dengan keluhan lain.

Satu-satunya jalan untuk mengetahui keputihan yang terjadi terus menerus pada Anda adalah dengan pemeriksaan langsung secara kasat mata oleh dokter yang berkompeten dan memiliki alat yang memadai. Selain itu, untuk lebih pastinya dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium yang dikenal dengan pemeriksaan swab /usap vagina. Pada pemeriksaan tersebut, lendir pada vagina akan diambil sedikit untuk kemudian diusapkan pada gelas obyek yang selanjutnya akan diperiksa di bawah mikroskop.

Kebiasaan Anda menggunakan pantyliner dan pembersih wanita  harus dikurangi, tidak perlu setiap hari. Karena penggunaan pantyliner dapat meningkatkan kelembaban sekitar vagina sehingga mudah terkena infeksi yang dapat terlihat melalui keputihan. Sedangkan penggunana pembersih wanita yang terus menerus dapat mengganggu keseimbangan daerah vagina.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Beberapa cara yang dapat Anda terapkan:

 

  •  

     

     

     

    Perhatikan kebersihan daerah miss V dengan memakai celana dalam yang dapat menyerap keringat seperti katun, rajin mengganti celana dalam dan selalu menjaganya tetap kering.

  •  

     

     

     

    Hindari kebiasaan bertukar celana dalam dengan orang lain, penggunaan handuk bersama

  •  

     

     

     

    hindari cara cebok yang salah (dari arah bokong ke depan)

  •  

     

     

     

    Basuh miss V Anda dengan air bersih yang mengalir.

  • Penggunaan pantiliner cukup dipakai pada masa sebelum maupun setelah menstruasi, atau ketika Anda mengalami keputihan yang agak banyak karenapengaruh hormonal-seperti pada masa subur.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

 

 

  

    0 Komentar

    Belum ada komentar