Sukses

Plasenta previa, berbahayakah?

17 Oct 2014, 12:12 WIB
Wanita, 24 tahun.
Saya sedang hamil 12 minggu dari umur kandungan 8 minggu sering keluar flek berwarna coklat seperti haid. Saya lalu disarsnkan untuk bedredt. Pada waktu usia kandungan 11 minggu saya melakukan proses usg 4d dan dokter menyatakan "plasenta previa" sehingga d dalam rahim saya terisi darah krg lebih 50% akibat pembuluh dsarah yg putus. Sewaktu d usg perkembangan janin normal. Apakah ini berbahaya? Ada kah dokter kandungan yg spesialis menangani kelainan ke hamilan seperti ini? ( perempuan, 24 thn,160 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Plasenta Previa adalah suatu kondisi dalam kehamilan dimana plasenta  berada pada lokasi yang tidak seharusnya yaitu di segmen rahim bagian bawah atau dekat dengan jalan lahir meskipun perkembangan janin sudah memasuki triwulan ketiga.

Sumber: http://64.143.176.9/library/healthguide/en-us/images/media/medical/hw/nr55551930.jpg

Ibu yang memiliki plasenta previa memang harus ditangani secara ekstra hati-hati. Salah satu  komplikasi tersering yang dapat terjadi pada keadaan ini adalah bayi lahir prematur hingga terjadi perdarahan hebat pada ibu.

Berikut penanganan pada wanita dengan plasenta previa:

  1.  Evaluasi kondisi ibu dan janin setelah perdarahan terjadi

  2. Bedrest (istirahat) total

  3. Menghindari hubungan seksual sampai follow up USG menunjukkan  perpindahan plasenta ke tempat seharusnya
  4. Pemeriksaan USG teratur setiap 4 minggu

  5. Pasien dapat melakukan kegiatan sehari-hari namun tidak boleh berlebihan

  6. Kewaspadaan untuk terjadinya perdarahan lagi

  7. Perawatan di rumah sakit apabila terjadi perdarahan berulang atau sudah saatnya untuk melahirkan
  8. Operasi caesar

Pada awal-awal kehamilan memang letak plasenta dekat dengan jalan lahir, dan seiring dengan pertambahan usia kehamilan maka terjadi perkembangan janin dan pembesaran rahim yang dapat menyebabkan plasenta bergeser ke atas sehingga menempati lokasi plasenta yang seharusnya. Mengingat usia kehamilan Anda yang baru berusia 11 minggu, maka tetap ada kemungkinan terjadinya pergeseran lokasi plasenta hingga ke lokasi yang seharusnya. Yang harus Anda lakukan adalah kontrol rutin dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda, sehingga kehamilan Anda selalu terpantau dengan baik. Kondisi ibu dengan plasenta previa dapat ditangani oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan mana saja yang Anda rasa dapat mengkomunikasikan setiap perkembangan kehamilan Anda dengan baik. Sebagai tambahan, Anda dapat menanyakan jumlah kasus seperti Anda yang pernah ditanganinya sehingga menambah keyakinan Anda terhadap dokter tersebut.

Berikut artikel koleksi kami yang dapat Anda akses dengan cara mengklik judul berikut Plasenta Previa.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

 

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar