Sukses

Sunat untuk bayi

09 May 2010, 22:48 WIB
Wanita, 33 tahun.
Dok, anak saya umur 6 bulan 2 minggu disarankan untuk sirkumsisi karena lubang penisnya kecil,yang ingin saya tanyakan apakah untuk bayi sekecil itu tidak apa2 dok di sirkumsisi, apakah ada pengaruhnya ke tumbuh kembang dia nanti?apa ada perbedaan untuk anak yg disirkumsisi ketika masih bayi dengan pada saat dia berumur diatas 5 tahun?Mohon informasi selengkapnya ya Dok. Terima kasih.( perempuan, 33 thn,165 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sunat / sirkumsisi merupakan suatu prosedur yang bertujuan untuk membuang bagian ujung dari kulit penis. Sirkumsisi dapat mengurangi risiko untuk terkena beberapa penyakit menular seksual dan HIV. Selain itu, dari segi higienis, umumnya seseorang yang disunat akan memiliki higienisitas yang lebih baik. Sirkumsisi dapat dilakukan sejak bayi baru lahir sampai dengan dewasa. Tentunya terdapat penyesuaian obat bius tergantung pada usia.

Kondisi yang dialami oleh anak Anda disebut dengan fimosis. Fimosis, baik bawaan sejak lahir (kongenital) maupun didapat, merupakan kondisi dimana kulit yang melingkupi kepala penis (glans penis) tidak bisa ditarik ke belakang untuk membuka seluruh bagian kepala penis. Fimosis kongenital seringkali menimbulkan fenomena ballooning, yakni kulit preputium mengembang saat berkemih karena desakan pancaran air seni tidak diimbangi besarnya lubang di ujung preputium.

Jika fimosis menyebabkan hambatan aliran air seni, diperlukan tindakan sirkumsisi (membuang sebagian atau seluruh bagian kulit preputium) atau teknik bedah plastik lainnya seperti preputioplasty (memperlebar bukaan kulit preputium tanpa memotongnya). 

Tidak ada perbedaan tumbuh kembang karena pengaruh usia ketika anak dilakukan sirkumsisi. 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar