Sukses

Batuk dalam kehamilan

20 Oct 2014, 10:55 WIB
Wanita, 36 tahun.
Selamat pagi dok... saat ini saya sedang mengandung usia kehamilan 14 minggu. Namun sejak 2 minggu yang lalu saya batuk berdahak dok.. dan rasanya tenggorokan gatal sekali. Selama ini saya mengkonsumsi Folavit, Folamil dan isoprinosine. Sementara untuk batuknya saya minum laserin atau OB Herbal. Terkadang saya juga minum minuman hangat yg terdiri dari campuran jahe merah + jeruk nipis + madu. Namun hingga saat ini batuk saya tidak juga sembuh. Saya sampai capek rasanya. Apalagi jika sedang batuk perut terasa sakit ketarik, terkadang saya sampai muntah krn menahan dahak yg nyangkut ditenggorokan (ingin dikeluarkan). Selain itu saya juga masih sering merasakan mual. Pertanyaan saya.., amankan obat batuk yang saya konsumsi buat janin saya? Apakah batuk yang saya alami membahayakan janin saya? Demikaian pertanyaan saya dok. Mohon jawabannya krn saya cukup khawatir dengan kondisi janin saya saat ini. Terima kasih.( perempuan, 36 thn,155 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Batuk berdahak yang Anda alami mungkin disebabkan oleh adanya infeksi baik dari virus maupun bakteri ataupun disebabkan karena alergi. Apabila sangat mengganggu, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan dan diberikan terapi yang tepat. 

Obat batuk yang Anda konsumsi saat ini tergolong aman untuk kehamilan. Ada baiknya apabila Anda mengonsumsi obat, sebelumnya bacalah kertas indikasi dan kontraindikasi yang terdapat atau tercantum dalam setiap obat. Batuk ringan umumnya tidak membahayakan janin. Namun apabila memang batuk tersebut sangat keras dan mengganggu, kami sarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar