Sukses

Anak tidak mau sikat gigi

19 Oct 2014, 03:20 WIB
Wanita, 38 tahun.
Sakit pada gigi Dokter...saya ingin menayakan perihal kesehatan gigi anak saya...putri saya baru berumur 15 bulan...mulai 2 bulan lalu saya sudah mulei mengenalkan dia untuk gosok gigi bersamaan dgn waktu mandi...tidak harus mau..sya fleksibel saja...kadang saya gosok dengan kasa atau tangan saya...atau dia sendiri yg memutar2kan sikatgigi dimulutnya..baik dng pasta gigi atau tidak...tidak masalah buat saya, selama dia enjoy dan tidak terpaksa... masalahnya, sudah hampir 3 minggu ini dia bener2 gak mau gosok gigi...pasti tiap mandi mulutnya dikunci rapat2...apalagi saya liat kok ada smacem penumpukan (mungkin sisa2 susu) warna putih diskitar batas antara gigi dan gusi...walhasil saya suka curi2 saat dia tidur...dgn membersihkan pake cotton bud...lumayan sdikit terangkat..tpi smpet kok agak berdarah gusinya...tp alhamdulillah tidak ada efek apa2 stelah itu. Yang saya tanyakan, bagaimana ya dok cara terbaik untuk membuat dia smangat sikat gigi lagi...?? atou masih normal kah untuk anak seusia dia tidak rutin gosok gigi...? Skedar informasi, dari asupan makanan...alhamdulillah dia pemakan segala...dan saya rutin memberi dia air putih, khususnya setiap habis makan atau setiap dia mau tidur... Trima kasih sebelumnya. Wass. Diana( perempuan, 38 thn,150 cm,61 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Klikdokter.com

Kebiasaan menyikat gigi memang sebaiknya dimulai sedini mungkin, namun pada prakteknya mungkin tidak semudah itu sebab anak seringkali menolak setiap diajak menyikat gigi. Ada hal yang ingin saya tanyakan, apakah selama ini saat Anda mengajak anak menyikat gigi Anda juga turut menyikat gigi pada saat yang sama? Menurut beberapa literatur, cara pendekatan modelling behaviour cukup berhasil untuk mengajarkan anak sesuatu, dimana pada tehnik ini para orang tua mengajarkan anak dengan memberi contoh dan bukan sekedar menyuruh atau memerintah. Dalam hal ini, ada baiknya Anda terlebih dulu menyikat gigi dan anak diajak turut serta, dengan pertama-tama memperhatikan Anda cara menyikat gigi. Terkadang orang tua kurang menyadari betapa anak menirukan perilaku dan kebiasaan orang tuanya, baik itu kebiasaan positif maupun negatif. Lebih baik lagi jika ada anak yang tidak beda jauh umurnya dengan anak Anda, misalnya kakak atau sepupunya, yang dapat diajak sikat gigi bersama. Jadi anak mendapat pengalaman yang menyenangkan dan mengasyikkan saat menyikat gigi.

Bagaimana dengan sikat gigi yang Anda gunakan? Sekarang sikat gigi yang beredar di pasaran cukup banyak variasinya, dan cukup banyak pilihan yang tersedia khusus untuk anak dengan bentuk dan warna yang menarik. Jika selama ini Anda masih menggunakan sikat gigi biasa, ada baiknya Anda menggunakan sikat gigi dengan bentuk dan warna yang lucu dan disukai anak Anda. Ada kemungkinan anak menolak karena pernah merasa sakit karena terantuk gagang atau kepala sikat sehingga anak mengasosiasikan sikat gigi dengan rasa sakit. Anda bisa juga menggunakan sikat gigi yang tidak bergagang, tapi dipakai di jari, sehingga mungkin dapat meminimalkan rasa sakit akibat sikat gigi yang mengenai gusi.

Lebih baik jangan dibiarkan anak menolak sikat gigi terlalu lama, karena meskipun gigi susu akan digantikan oleh gigi permanen namun gigi susu tetap harus dijaga kebersihan dan kesehatannya.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. Jika masih ada yang kurang jelas dan masih ingin ditanyakan, silakan kirimkan kembali pertanyaan Anda ke redaksi kami.
Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar