Sukses

Kepastian golongan darah

05 May 2010, 16:44 WIB
Wanita, 25 tahun.
saya dan suami saya bergolongan darah O, tapi anak kami pada hasil tes darahnya menunjukan glongan darah B.. apakah mungkin orang yang sama2 bergolongan darah O mengasilkan keturunan bergolongan darah B? bila terjadi kelainan dimana sebaiknya kami memeriksakan diri dan tahapan apa yang harus dilakukan? terima kasih...( perempuan, 25 thn,158 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

 

Golongan darah adalah ciri khusus darah  dari suatu individu karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah. Dua jenis penggolongan darah yang paling penting adalah penggolonganABO dan Rhesus (faktor Rh).

 

 

 

 

Golongan darah manusia ditentukan berdasarkan jenis antigen dan antibodi yang terkandung dalam darahnya. Tabel pewarisan golongan darah kepada anak dapat anda lihat di bawah ini :

 

 

 


Ibu/Ayah

O

A

B

AB

O

O

O, A

O, B

A, B

A

O, A

O, A

O, A, B, AB

A, B, AB

B

O, B

O, A, B, AB

O, B

A, B, AB

AB

A, B

A, B, AB

A, B, AB

A, B, AB

Jadi bila kedua orang tua memiliki golongan darah O maka kemungkinan anaknya hanya dapat memiliki  golongan darah  O (100%). Tidak mungkin memiliki golongan darah B. Namun, sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya pastikan benar-benar golongan darah Anda, suami dan anak.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter





    0 Komentar

    Belum ada komentar