Sukses

Perut membesar, hamilkah?

19 Oct 2014, 05:46 WIB
Wanita, 22 tahun.
malem dok, sy mohon infonya begini dok, sy 22 thn blm menikah. pada tgl 26 maret sy mens sampai tgl 3 april. dan tgl 5 april mr P pacar sy masuk ke vagina. tapi tidak digoyang. dan tidak lama. langsung dilepas mr P nya. kemudian sekiar tgl 10 april terdapat bercak darah sy tidak tau itu mens apa bukan. warnany lebih gelap dan agak banyak. selama 1 minggu. kira2 sy hamil tidak dok? soalny perut sy agak membesar. sy tidak tau ap itu faktor kegemukan apa bukan. memang akhir2 ini makan saya banyak kira2 saya mens tgl brp y dok? koq mens saya srg tidak lancar begitu. terimakasih dok( perempuan, 22 thn,165 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Bagaimana dengan siklus haid Anda sebelumnya? Untuk mengetahui tanggal pastinya Anda mengalami haid sepertinya dibutuhkan data mengenai siklus haid sebelumnya.

Siklus haid normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Siklus haid diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Jika siklus haid jauh di luar kisaran normal, dapat dikatakan siklus haid tidak teratur. Bagaimana dengan siklus haid Anda. apakah masih dikatakan teratur ataukah sudah termasuk tidak teratur?

Siklus haid tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain adalah:

 

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Stres psikologis. Keadaan stress memang dapat mengacaukan kerja hormon reproduksi wanita. 
  • Atlit
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid

 

 

 

 

Coba evaluasi diri Anda terlebih dahulu, apakah Anda mengalami salah satu faktor-faktor tersebut. Jika Anda merasa tidak mengalaminya sama sekali, konsultasikan pada dokter kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

 

 

Adanya bercak darah yang terjadi selama satu minggu kemungkinan besar merupakan darah haid. Sehingga jika terjadi haid, maka Anda tidak hamil. Kehamilan terjadi atau dapat dicurigai jika Anda mengalami keterlambatan waktu haid, yaitu dimana haid tidak terjadi pada waktu yang diperkirakan. Karena menurut Anda, siklus haid tidak berjalan teratur, maka akan sulit untuk memprediksi masa subur dan mengatur kehamilan. Tentunya menunda kehamilan dengan tidak berhubungan intim pada situasi Anda adalah jalan yang terbaik.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar