Sukses

Adakah obat rhinitis alergi?

26 Apr 2010, 23:28 WIB
Wanita, 29 tahun.
adakah obat yg bisa menyembuhkan rhinitis alergika? biar gak kambuh lagi... ( perempuan, 29 thn,160 cm,57 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Rhinitis alergi merupakan bagian dari reaksi alergi yang ditandai dengan bersin berulang, keluar ingus encer dan banyak, hidung tersumbat, mata gatal dan kadang berair memang dapat sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Namun cara yang paling tepat adalah dengan mengetahui penyebabnya, misalnya seperti dingin atau debu. Untuk mengetahui penyebab pasti yang menyebabkan reaksi alergi tersebut, Anda dapat melakukan tes uji kulit allergen penyebab. Tes tersebut dapat dilakukan di laboratorium RS tertentu yang menyediakan dan dianalisa oleh dokter spesialis penyakit dalam. Setelah mengetahui penyebab, beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab. Gunakan baju hangat ketika tidur, jangan menggunakan kipas angin/AC dan gunakan selimut untuk tidur.
  • Pengobatan, dengan menggunakan obat anti alergi golongan antihistamin H-1, yaitu obat yang sering dipakai sebagai lini pertama dalam pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat golongan kortikosteroid dipilih jika tidak berhasil diatasi oleh obat lain.

Untuk mengetahui mengenai rhinitis alergi dengan lebih jelas, Anda dapat mengakses link berikut dengan mengklik judul:

Rhinitis Alergi

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar