Sukses

Lenting pada Kulit Anak

20 Oct 2014, 06:52 WIB
Wanita, 25 tahun.
sebelumnya saya ucapkn trima kasih atas jawaban yg sudah di berikan kpda saya, saat ini saya punya pertanyaan lagi dok : 1. yg saya tanyakan lagi mengenai terbenturnya kepala, apakah itu akan memmpengaruhi pertumbuhan otaknya jg kalau dia tidak mengalami gejala" yg di sebutkan barusan? 2. kalau anak umur 1 tahun 2 bulan, tu bagusny di kasi vitamin ap y? masalhnya anak saya aga susah makannya sejak umur setahun kemarin, mana dia juga tidak terlalu suka susu, padahal kadang produksi asi saya kurang bnyak, saya hanya takut dia kelaparan dan perut kosong, gmn jg cara untuk menambah nafsu makannya? 3. sekarang anak saya d daerah perutnya ada luka yg saya g ngerti itu ap? awalnya hanya bintil merah lama kelamaan menjadi melenting gtu, uda gtu jadi meletek gtu, yg hasilny jadi melebar, sekarang bintil merahny jd semakin bnyak, itu kira" penyakit ap y? apa cacar? klo memang jawabannya belum bisa di jawab sekarang, mungkin saya akan ke dokter trima kasih sebelumnya( perempuan, 25 thn,163 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih atas kesetiaan anda menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan anda.

1. Apakah kepala yang terbentur akan mempengaruhi pertumbuhan otak anak?

Benturan pada daerah kepala yang tidak disertai oleh berbagai keluhan penyerta seperti muntah, kejang, penurunan kesadaran, sakit kepala terus-menerus, dll, tidak akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan otak  anak karena otak dilindungi oleh tulang kepala yang kuat. Namun meskipun benturan tersebut tidak mengganggu tumbuh kembang anak anda, kami harapkan agar anda tetap memberikan pengawasan yang lebih kepada anak anda untuk mencegah terjadinya benturan berulang pada anak anda.

2. Anak usia 1 tahun 2 bulan bagusnya dikasih vitamin apa untuk menambah nafsu makannya?

Pada usia ini anak akan mengembangkan kemampuan motorik serta memuaskan keingintahuannya akan berbagai hal. Terkadang, aktivitas makan pada anak yang sedang aktif-aktifnya sering dianggap sebagai suatu kegiatan yang mengganggu, karena itu anak cenderung malas makan.

Untuk mengatasi hal ini dibutuhkan kreativitas seorang ibu untuk mengkomposisikan makanan semenarik mungkin  agar sang anak tertarik untuk makan. Apabila anak Anda sedikit makannya namun tetap aktif maka hal tersebut bukan dikarenakan suatu gangguan pencernaan atau hal yang serius lainnya (penyakit dll). Mungkin saja hal tersebut dikarenakan anak lebih suka bermain dibandingkan makan.

Pada kasus ini, vitamin tidak dibutuhkan. Jangan terlalu mudah memberikan vitamin tambahan apabila anak tidak membutuhkan. Vitamin hanya diberikan pada kondisi anak kekurangan atau defisiensi vitamin.

Cobalah terlebih dahulu untuk memvariasikan makanan untuk anak. Berikanlah menu baru dengan rasa baru, penyajian yang lebih menarik, dan jangan kapok untuk menawarkannya kepada anak Anda berulang kali meskipun anak sering menolak. Anak akan dapat beradaptasi dengan makanan setelah beberapa kali pemberian.

3. Sekarang anak saya di daerah perutnya ada luka yang awalnya hanya bintil merah lama kelamaan menjadi melenting dan meletek serta melebar. Penyakit apa itu?

Kelainan pada kulit yang awalnya berupa lentingan kemudian pecah dan melebar dapat disebabkan oleh infeksi virus hepes simpleks ataupun oleh infeksi bakteri (dikenal dengan nama impetigo). Keduanya hanya dapat dibedakan setelah dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Seperti apakah luka yang terdapat pada anak anda?

                                   

           Impetigo                                                                         Herpes simpleks

Kedua penyakit tersebut memerlukan penanganan yang berbeda. Untuk penyakit herpes simpleks dapat diterapi dengan menggunakan obat antivirus, sementara untuk penyakit impetigo dapat diatasi dengan menggunakan salep antibiotik. Karena itu, kami sarankan agar anda segera membawa anak anda ke dokter terdekat untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung sehingga anak anda dapat memperoleh pengobatan yang tepat sesuai penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga dapat membantu (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar