Sukses

Bekas luka setelah caesar

19 Oct 2014, 23:10 WIB
Pria, 25 tahun.
Selamat siang... Istri saya menjalani operasi caesar untuk anak pertama kami pada tanggal 03 maret 2010 lalu dengan beratanak 3,4 Kg dan operasi sesar dilakukan pembelahan vertikal dan seminggu terakhir ini pada bekas luka operasi ada keluar sedikit darah dan nanah di bagian bedahan yang paling bawah, kemudian saya bawa ke rumah sakit dimana istri saya di operasi, kata dokternya infeksi. terus nanah dipencet dikeluarkan dan diperban kambali serta diberi obat. disarankan harus ganti perban setiap 3 hari. 1. Kenapa bisa terjadi pendarahan dan nanah? 2. Sebenarnya bagaimana perawatan pasca operasi caesar? 3. Apakah bila kelahiran pertama operasi (karena pinggul sempit) maka kelahiran selanjutnya juga harus operasi ? 4. Berapa lama penyembuhan untuk bagian dalam setelah operasi? Demikian dari saya, atas penjelasannya saya ucapkan terima kasih.( laki-laki, 25 thn,170 cm,59 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Apa kabar,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Saya jawab satu persatu pertanyaannya :
1. Perdarahan dan nanah yang terjadi setelah operasi sesar, biasanya memang disebabkan oleh karena terjadinya infeksi bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti masuknya kuman pada saat operasi, karena pada saat operasi, terdapat daerah yang terbuka sedangkan diudara banyak sekali kuman sehingga apabila daya tahan tubuh kita kurang baik mudah sekali terjadi infeksi, dapat juga karena sterilitas pada saat operasi baik alat dan perangkatnya kurang baik.

2.Perawatan pasca operasi sesar, tidak ada yang khusus, sama dengan perawatan luka biasa. Hanya karena perut disayat agak besar, dianjurkan untuk tidak mengangkat barang berat, mengedan agar tekanan didalam perut tidak meningkat dan menyebabkan jahitan dapat terbuka. Jagalah daerah bekas operasi tetap kering dan bersih dengan mengganti perban sehari 2 kali. Tapi biasanya post sesar selama 5-7 hari tidak diperkenankan mengganti perban sendiri, nanti pada saat kontrol baru diganti oleh Dokter Kandungan.

3.Sesar yang sekarang istri Anda lakukan, sebenarnya untuk persalinan berikutnya tidak harus sesar. Panggul dikatakan sempit, apabila lingkar kepala bayi lebih besar daripada lingkar panggul sehingga bayi tidak dapat turun ke dasar panggul untuk dapat melakukan persalinan normal. Tapi untuk persalinan kedua, apabila lingkar kepala janin lebih kecil daripada lingkar panggul kemungkinan persalinan dapat dilakukan normal. Tapi apabila isteri Anda hamil lagi dimana jarak antara persalinan yang pertama dengan kedua kurang dari 2 tahun, maka kemungkinan Dokter akan menganjurkan sesar lagi.

4.Penyembuhan luka bekas operasi sekitar 3-6 bulan.

Demikian jawaban yang dapat Kami sampaikan.(Ind)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar