Sukses

Pengobatan TBC Anak

12 Apr 2010, 14:49 WIB
Wanita, 21 tahun.
Selamat mlam dok,sy ingn brtnya ttg kponakan sy (5th) bbrp hr yg lalu mlakukan tes rontgen krn bdan'y sangat kurus d'khwtirkan mengidap 'flek paru' akhr'y hsil rontgen mnytkan positif.Yg ingn sy tnykan ap sbnr'y flek paru itu?Ap brbhya?Dan ap hny dgn tes rontgen sdh dpt d'pstikan kponakan sy kena flek paru.Atas jwban dokter sy ucpkan trma ksh( perempuan, 21 thn,160 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Flek paru yang sering diucapkan awam dan digunakan oleh para petugas kesehatan memiliki pengertian penyakit pada paru yang disebabkan oleh infeksi kuman tuberkulosis (TBC paru).  Tingginya jumlah kasus baru TBC di Indonesia dan pengobatan yang memakan waktu lama (sekitar 6 bulan hingga satu tahun, tergantung kondisi masing-masing penderita) menyebabkan penyakit TBC menjadi suatu  permasalahan utama kesehatan masyarakat Indonesia. Jangan khawatir, penyakit ini dapat disembuhkan asalkan menjalani pengobatan secara teratur. Pengobatan harus sampai dinyatakan selesai oleh dokter, jangan sampai putus di tengah jalan karena dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius pada organ tubuh lainnya, bahkan hingga kematian.

Infeksi TBC Paru pada anak seringkali diakibatkan karena adanya kontak dengan penderita TBC paru yang berada di sekitar anak keponakan Anda. Adakah orang-orang di sekitar keponakan Anda yang mengalami sakit tersebut atau batuk-batuk lama yang tak kunjung sembuh? Tentunya, selain menjalani pengobatan keponakan Anda harus dijauhkan dari orang-orang dewasa di sekitarnya yang dicurigai mengalami penyakit TBC paru (tentunya menyarankan juga kepada orang yang dicurigai tersebut untuk berobat) karena jika tidak diobati maka mereka akan menular dan seterusnya berulang. Lalu tak lupa menjaga nutrisi makanan sehari-hari. Jika pada dewasa kecurigaan infeksi TBC terjadi jika terdapat batuk-batuk lama>2 minggu yang tak kunjung sembuh dengan pengobatan antibiotik. Maka pada anak, gejala umumnya tidak jelas.

Beberapa gejala TBC yang terdapat pada anak:

-Demam lama (? 2 minggu) tanpa sebab jelas à demam tidak terlalu tinggi
-Dapat disertai keringat malam
-Batuk lama > 3 minggu
-BB turun atau tidak naik dalam 1 bulan
-Nafsu makan (-)
-Diare persisten yang tidak sembuh

Selain kontak dan gejala TBC pada anak, perlu dilakukan pemeriksaan tuberkulin ( dengan cara disuntikkan). Pemeriksaan dahak penting dilakukan pada orang dewasa, namun pada anak sulit karena umumnya anak sulit mengeluarkan dahak dan jumlah bakteri yang terdapat pada dahak anak sedikit. Sedangkan pemeriksaan rontgen paru pada anak seringkali tidak khas.

Namun, jika terdapat kesesuaian antara klinis (gejala pada pasien) dengan hasil rontgen dada yang dilakukan, maka diagnosis TBC paru pada anak dapat ditegakkan dan pengobatan dapat segera dimulai.

Kini, pemerintah memiliki program pengobatan bagi penderita TBC dengan memberikan pengobatan secara cuma-cuma (gratis). Umumnya, program tersebut terdapat pada pusat kesehatan masyarakat atau RS paru tertentu yang telah ditunjuk. Tanyakan pada dokter Anda mengenai lokasi yang terdekat dengan tempat tinggal, sehingga pengobatan dapat berjalan lancar (Ingat, obat untuk TBC harus dikonsumsi setiap hari hingga selama 6 -9 bulan).Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar