Sukses

Atasi hiperandrogen

20 Oct 2014, 08:25 WIB
Wanita, 26 tahun.
Siang dok... sy ingin bertanya mengenai gangguan hiperandrogen. Saya memiliki beberapa ciri dari gangguan tersebut, seperti tumbuh rambut halus di wajah dan bagian tubuh lain, wajah berminyak dan berjerawat berlebih. Namun menstruasi masih normal, siklus tetap (kurang lebih 35 hari). Bagaimana penanganan gangguan ini terutama untuk wanita yang belum menikah? terima kasih...( perempuan, 26 thn,151 cm,51 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Gangguan hiperandrogen merupakan gangguan yang dapat ditemukan pada 10-20% wanita usia produktif. Penyebabnya adalah adanya peningkatan hormon testosteron di dalam darah. Beberapa keluhan yang disebabkan oleh peningkatan hormon tersebut seperti tumbuhnya rambut-rambut halus (hirsutisme), kulit berjerawat dan berminyak, ketombe hingga kebotakan.

Testosteron yang termasuk dalam kelompok androgen dan sering disebut hormon pria, ternyata juga diproduksi oleh ovarium (indung telur) wanita dan adrenal (kelenjar anak ginjal) meskipun dalam jumlah yang lebih sedikit.  Jika kadar dalam darah seorang wanita meningkat, tentunya perlu dicari penyebab yang mendasarinya sehingga dapat diobati dengan sesuai.

Beberapa penyebab yang mungkin, seperti:

  • Tumor pada ovarium atau adrenal yang menghasilkan androgen
  • Hiperplasia kongenital ( pertumbuhan sel berlebihan sejak lahir)
  • Penyakit polikistik ovarium
  • Obesitas yang disertai dengan produksi insulin yang berlebihan

Sudahkah Anda memeriksakan diri pada dokter kebidanan dan kandungan mengenai permasalahan ini? Tindakan ini penting dilakukan untuk mengetahui penyebab dari keadaan hiperandrogen yang Anda alami. Penanganan dari gangguan hiperandrogen terdiri dari pengaturan berat badan dan pola hidup sehat, pemberian obat-obatan seperti kontrasepsi hormonal kombinasi atapun obat sensitisasi insulin(penggunaan pil tersebut harus atas supervisi dokter), menghilangkan bulu-bulu halus pada wajah dengan tindakan mekanik (terapi laser ataupun pencabutan bulu), operasi (jika ternyata ditemukan tumor sebagai penyebab).

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter 

    0 Komentar

    Belum ada komentar