Sukses

habis cabut gigi msh berdarah&bau

20 Oct 2014, 03:33 WIB
Wanita, 20 tahun.
selamat malam dok, saya mau konsultasi tentang masalh gigi dam mulut saya, dok 4hari yang lalu saya mencabut gigi saya dan kata dokter yang mencabut gigi saya bilang kalau gigi saya infeksi dan tumbuh daging tetapi setelah di cabut dokter sya bilang itu tidak masalah soalnya daging yg ada pada gigi saya td sudah hilang dan dibersihkan, tetapi kenapa setelah 4hari kok sisa darah pd gigi yg baru dcabut tetep ada dan berbau tak sedap, yg saya tanyakan apakah gusi saya infeksi dan bisakah dsembuhkan secara cepat...terimakasih( perempuan, 20 thn,167 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdr. yang terhormat,
Terima kasih atas pertanyaan Anda.
Bagaimana dengan instruksi dokter gigi paska pencabutan gigi, apakah Anda ikuti dengan baik?Setelah pencabutan gigi, pasien tidak boleh banyak berkumur atau melakukan gerakan menyedot/menghisap seperti meludah, atau merokok karena dapat merusak bekuan darah yang terbentuk di dalam soket bekas pencabutan untuk menutup bekas luka. Jika bekuan darah yang sudah terbentuk rusak, rembesan darah akan terus keluar. Apakah darah tersebut terus menerus keluar sejak pencabutan atau sudah sempat berhenti lalu keluar lagi? Kalau sudah sempat berhenti lalu keluar lagi hal tersebut bisa saja terjadi mungkin disebabkan trauma pada daerah luka bekas pencabutan misalnya terbentur sikat gigi saat penyikatan.

Mengenai bau tidak sedap, ada kemungkinan soket bekas pencabutan kotor, biasanya sisa makanan mudah terjebak di dalamnya dan sulit/tidak dibersihkan. Akibatnya makanan tersebut makin membusuk disitu dan menimbulkan bau tak sedap. Tidak disarankan untuk mencongkel2 soket dengan alat apapun terutama yang tidak steril. Anda dapat coba berkumur dengan obat kumur antiseptik yang dapat dibeli bebas di apotik, jangan kumur kuat-kuat cukup pelan saja. Jika obat antibiotik masih ada, lanjutkan diminum sampai habis. Jika keluhan ini masih berlanjut, sebaiknya Anda kembali ke dokter gigi yang mencabut gigi Anda.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.
Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar