Sukses

Haid Terlambat = Hamil?

18 Oct 2014, 16:30 WIB
Wanita, 26 tahun.
dokkk aku sudah telat 3 minggu dari jadwal dateng bulan, dan tanda-tanda sperti mual di pagi hari, kaki sukak keram, dan sebagainya........ aku coba test pakek ptt tes yang di beri dari puskesmas, kok g positif-positif, kenapa yang dok.( perempuan, 26 thn,160 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

 

Haid yang terlambat merupakan salah satu tanda tidak pasti kehamilan, artinya haid yang terlambat dapat disebabkan oleh kehamilan dan juga disebabkan oleh beberapa hal lain di luar kehamilan. Namun, keterlambatan haid pada seorang wanita di masa subur memang harus selalu dicurigai kehamilan sampai terbukti bukan. Wanita yang benar benar hamil, disamping mengalami haid yang terlambat juga akan mengalami beberapa tanda tidak pasti kehamilan lainnya, seperti :

 
  •  Mual
  • sering berkemih

  • pembesaran dan nyeri pada payudara

  • perasaan lelah

  • daerah sekitar puting susu menghitam
  • peningkatan suhu tubuh
  • flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

  • dsb

 
 

Hasil test pack yang negative tidak serta merta menyingkirkan kemungkinan terjadinya kehamilan, karena hasil yang negative masih mungkin disebabkan oleh sedikitnya kadar hormone beta hCG yang terdeteksi dalam urin. Hormon ini umumnya baru terdeteksi  7-12 hari setelah pembuahan dan akan semakin meningkat seiring pertambahan usia kehamilan. Untuk itu, kami sarankan sebaiknya Anda mengulang test pack Anda 1-2 minggu kemudian atau langsung menjalani pemeriksaan kehamilan ke dokter kandungan untuk mendapatkan hasil yang lebih pasti. Dengan melakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter kandungan, dapat diketahui keberadaan beberapa tanda pasti kehamilan (objektif), seperti:

 
 
  • terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  • terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi 

  • terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

 
 

Siklus menstruasi normal sebenarnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Dalam beberapa keadaan seperti stres dan kelelahan, tidak jarang dijumpai siklusnya memanjang sehingga kita akan mengalami sedikit keterlambatan haid. Faktor nutrisi, stres, dan kelelahan juga merupakan faktor-faktor yang  dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda sehingga pemenuhan nutrisi dan istirahat yang cukup sangat penting untuk diperhatikan. Pada kasus-kasus yang berat, perlu dilakukan pemeriksaan penunjang untuk mengetahui penyebab yang melatarbelakangi ketidakteraturan siklus menstruasi anda. Pemberian obat hormonal dari luar oleh dokter kebidanan pada umumnya mampu mengembalikan keseimbangan kadar hormon reproduksi dalam darah anda hingga didapatkan siklus menstruasi yang normal kembali.

 

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat (DP)

 

Salam,

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar