Sukses

Mengatasi Remaja Pemalas?

12 Apr 2010, 10:52 WIB
Pria, 20 tahun.
Adik Saya seperti orang kurang normal tidak punya keinginan kuat serta hobinya hanya makan , main game dan tidur serta masih manja sama ibunya padahal usianya sudah 20 tahun , gmana cara untuk mengobatinya dan apa yang harus saya lakukan sebaiknya.( laki-laki, 20 thn,180 cm,112 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang anda rasakan mengenai kondisi adik anda. Namun, yang ingin kami tanyakan adalah sejak kapan adik anda memiliki perilaku seperti itu? Jika baru akhir-akhir ini adik anda mengalami perubahan perilaku menjadi malas beraktivitas dan menarik diri, mungkin terdapat masalah pada diri adik anda yang melatarbelakangi perubahan sikapnya tersebut. Cobalah untuk berbicara baik-baik padanya dan bantulah dirinya untuk mengatasi masalahnya. Pendekatan harus dilakukan secara perlahan-lahan dan dengan kesabaran untuk mendapatkan kepercayaan dari adik anda sehingga adik anda mau bercerita kepada anda. Perubahan perilaku menjadi malas beraktivitas dan menarik diri merupakan salah satu tanda depresi. Depresi yang tidak ditangani dengan tepat dapat menjadi berlarut-larut dan akan menimbulkan efek yang lebih berat bagi penderitanya,seperti tidak mau makan,tidak mau bergaul, sulit konsentrasi, bahkan dapat memicu pikiran untuk bunuh diri. Depresi yang berlarut-larut harus segera dikonsultasikan ke dokter psikiatri untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Namun, lain halnya jika adik anda memang sudah memiliki perilaku tersebut sejak kecil. Hal tersebut mungkin disebabkan karena pola didik yang diterapkan oleh orang tua terhadap adik anda yang terlalu membebaskan anak untuk melakukan apapun yang disukainya dan terlalu memanjakan anak. Sulit untuk merubah perilaku yang telah tertanam sejak kecil. Namun tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan perilaku menjadi lebih baik. Cobalah berbicara secara baik-baik kepadanya. Berikan contoh kepada adik anda bagaimana sikap yang seharusnya dilakukan. Diperlukan kesabaran untuk merubah perilaku seseorang. Cobalah untuk memperbaiki perilakunya satu per satu. Jika anda mengalami kesulitan, mungkin anda dapat mengikutsertakan adik anda kepada kegiatan-kegiatan pencarian minat dan bakat untuk menggali hobinya, kegiatan yang mampu memicu motivasinya, dan lain sebagainya. Tidak ada obat yang mampu merubah perilaku adik anda menjadi lebih baik. Perubahan itu hanya dapat dilakukan atas motivasi dari dalam dirinya untuk berubah. Karena itu, piculah motivasi dalam dirinya untuk menjadi orang yang lebih baik.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga dapat membantu. (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar