Sukses

Gigi atas besar & renggang

19 Oct 2014, 13:26 WIB
Wanita, 17 tahun.
saya sangat minder dengan keadaan gigi atas saya yang besar2 dan renggang.bisa dikatakan renggang semua untuk bagian atas.apalagi untuk gigi seri depan atas besar2.saya merasa tidak memiliki gigi taring pada bagian atas.apakah bisa diatasi dengan behel?mohon solusinya( perempuan, 17 thn,155 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdri yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.
Kasus seperti Anda bisa saja ditangani dengan perawatan orthodontik/kawat gigi (yang dikenal sebagai behel), tentunya setelah dokter gigi melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk menilai kondisi gigi geligi Anda dan hubungan rahang atas-bawah. Bisa jadi benih gigi taring Anda memang tidak ada sehingga berakibat gigi lain tumbuh renggang, dan tidak adanya benih gigi permanen ini merupakan hal yang cukup umum terjadi disebut agenesis.

Sebelum pemasangan kawat gigi, dokter gigi akan menyetak rahang Anda agar dapat dilakukan analisa kebutuhan ruang, selain itu juga perlu pemeriksaan radiograf (foto rontgen) panoramik dan cephalomteri untuk melihat kondisi gigi dan hubungan rahang atas dan bawah. Dengan begitu dapat dibuat rencana perawatan yang sesuai dengan kondisi pasien, sebab pemasangan kawat ortho ada aturannya, tidak bisa sembarangan supaya didapat hasil perawatan gigi geligi yang harmonis dan oklusi yang normal.

Kasus yang ringan dapat dilakukan oleh dokter gigi umum, sebab saat pendidikan profesi sebetulnya ilmu tentang perawatan orthodontik tidak diberikan secara mendalam namun drg mendapatkan ilmu dengan mengikuti kursus0kursus singkat. Yang berkompetensi untuk melakukan perawatan ortho seyogyanya adalah dokter gigi spesialis orthodontik yang mendalami ilmu orthodontik melalui pendidikan spesialis di lembaga pendidikan.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar