Sukses

Nyeri haid hingga mual

18 Oct 2014, 15:59 WIB
Wanita, 24 tahun.
siang dok..saya mau tanya..bulan februari kemaren saya mngalami gejala haid yang tidak biasa. diantaranya rasa mulas/sakit perut yang luar biasa,rasa seperti ingin BAB,kepala pening dan kluar keringat dingin,dan mual yg ahirnya diikuti dg muntah..stelah saya muntah barulah keadaan saya lebih baik tapi tetap saja rasa sakit perut masih terasa. saya sudah merasakan gejala ini 3kali dg jangka waktu yang berjauhan,pertama saat kelas 2 SMU, kedua saat kuliah semester 3 dan sekarang ketiga kalinya di semester 8 kuliah saya. jika saya mrasakan gejala ini biasanya saya hnya minum obat "bodrex" yg komposisinya paracetamol 600mg dan kofein sekitar 50mg klo ga salah. yang ingin saya tanyakan: - gejala apakah itu? apakah itu normal? - berbahayakah bagi organ intim saya terutama kandungan saya? dan apakah tu bisa menyebabkan kmandulan? -apa yg harus saya lakukan jika itu terjadi lagi? -amankah jika saya minum bodrex tiap kali sakit kaya gitu? - orang bilang tu gejala endometriosis mium?? benarkah itu??? jika benar apa yg harus saya lakukan?? terimakasih atas pjelasannya.....( perempuan, 24 thn,165 cm,46 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berat ringannya nyeri haid pada setiap wanita memang berbeda-beda. Nyeri haid yang terasa pada perut bagian bawah disebabkan oleh hormon prostaglandin yang dikeluarkan oleh otot-otot dinding rahim. Prostaglandin menstimulasi otot rahim tersebut untuk berkontraksi, menyebabkan suplai darah ke rahim berhenti untuk beberapa saat dan meningkatkan sensitivitas ujung-ujung saraf nyeri, sehingga menimbulkan rasa nyeri. Prostaglandin juga bertanggung jawab terhadap gejala muntah, diare, dan sakit kepala yang biasanya juga muncul bersamaan dengan nyeri perut.

Nyeri haid dikatakan normal jika berlangsung selama 2 - 3 hari, umumnya dimulai sehari sebelum mulai menstruasi. Anda dapat mengonsumsi obat analgetik sesekali dengan kandungan asam mefenamat untuk meredakan rasa nyeri. Namun, jika nyeri haid dirasakan terlalu berat dan sangat mengganggu misalnya hingga mual dan muntah dan mengganggu aktivitas, kami sarankan agar Anda memeriksakan diri kepada dokter kandungan untuk menyingkirkan kemungkinan adanya endometriosis atau penyebab lainnya. Namun ternyata nyeri haid yang hebat dapat pula terjadi tanpa adanya kelainan seperti endometriosis. Nyeri haid yang terkadang timbul sangat berat dapat dicetuskan oleh keadaan tubuh saat itu, misalnya stress. 

Untuk informasi tambahan mengenai nyeri haid dapat Anda akses melalui situs kami dengan mengklik Informasi nyeri haid 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar