Sukses

Asam Folat Tingkatkan Kesuburan?

31 Mar 2010, 15:06 WIB
Wanita, 28 tahun.
Siang Dok,, Saya mau menanyakan apa manfaat yang terkandung dalam asam folat?? apakah terapi asam folat bisa menjadi penyubur bagi kami yang menginginkan kehamilan? kapan sebaiknya mengkonsumsi asam folat itu? berapa kali / hari?? terima kasih.( perempuan, 28 thn,150 cm,46 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Konsumsi asam folat sebelum hamil tidak ditujukan untuk meningkatkan kesuburan. Namun, pada wanita yang menginginkan kehamilan dokter akan menganjurkan untuk mengkonsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram setiap hari sejak 3 bulan sebelum kehamilan hingga kehamilan berusia 12 minggu. Setelah hamil dosis pemberian asam folat akan ditingkatkan menjadi 600-800 mikrogram /hari. Pemberian asam folat pada masa-masa tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya gangguan tabung saraf (Neural Tube Defect) pada bayi dalam kandungan. Bayi yang lahir dengan gangguan tabung saraf akan memperlihatkan gejala berupa anencephaly (kegagalan penutupan tengkorak kepala), hydraencephaly (kepala terisi cairan), spina bifida, dll. Jika terdapat anggota keluarga dengan riwayat mengalami gangguan tabung saraf sebelumnya, maka dianjurkan untuk meningkatkan asupan asam folat hingga 10x lipat daripada kebutuhan wanita biasa, yaitu menjadi sekitar 4000 mikrogram (4 mg)/hari.

Beberapa makanan yang kaya akan asam folat antara lain : sayur-sayuran hijau, buah-buahan (jeruk, pepaya, alpukat), gandum, sereal yang diperkaya asam folat, kacang-kacangan, hati, telur, brokoli, jeruk, buncis, dll. Gunakanlah suplemen asam folat untuk mendapatkan asupan tinggi asam folat setiap hari, karena kebutuhan asam folat yang tinggi sulit untuk dipenuhi hanya dari makanan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai manfaat asam folat, anda dapat membaca artikel yang berjudul Lima Keajaiban Asam Folat dan Persiapkan Kehamilan dengan Konsumsi Asam Folat.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat (DP)

 

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar