Sukses

Ciri-Ciri Kehamilan Kembar

20 Oct 2014, 10:14 WIB
Wanita, 24 tahun.
saya wanita berusia 24 tahun, sekarang sedang hamil muda... saat ini saya mual sepanjang hari.. walupun sudah minum anti mual yaitu anvomer B6, kalau makan saya amat sanagt susah. dan berapa minggu usia kandungan saya saat ini ? saya haid pertama terakhir tanggal 6 februari 2010. suami saya memiliki keturunan kembar, apa mungkin saya bisa hmil kembar? kalau iya bagaimana ciri2nya?( perempuan, 24 thn,155 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Mual dan muntah merupakan keluhan yang sering dialami oleh sebagian besar wanita hamil. Hal tersebut dapat terjadi akibat adanya perubahan hormonal, terutama pada awal kehamilan (minggu ke 6-8, puncaknya pada minggu ke 12-14, dan akan membaik pada minggu ke 22). Keluhan baru akan membaik ketika tubuh sudah mampu beradaptasi dengan perubahan hormonal saat hamil. Paksakanlah diri anda untuk makan. Asupan nutrisi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk proses tumbuh kembang janin dalam kandungannya. Makan makanan ringan setiap 2-3 jam akan terasa lebih baik daripada 3 kali makan besar. Makanlah secara perlahan dan kunyah dengan sempurna untuk mengurangi rasa mual yang anda rasakan.

Jika hari pertama haid terakhir anda jatuh pada tanggal 6 febuari 2010, maka diperkirakan usia kehamilan anda saat ini adalah sekitar 7 minggu. Pastikanlah usia kehamilan anda dengan pemeriksaan USG pada dokter kebidanan dan kandungan. Untuk selanjutnya anda dapat menggunakan fasilitas Kalender Kehamilan dari Klikdokter untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan janin anda selama kehamilan.

Adanya keturunan kembar dari pihak bapak tidak meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan kembar. Meskipun anda tidak memiliki riwayat kembar dalam keluarga namun tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk memiliki bayi kembar. Beberapa ciri kehamilan kembar, antara lain :

  • Rahim terlihat lebih besar dibandingkan usia kehamilannya.
  • Keluhan mual dan muntah yang dirasakan oleh ibu dengan janin kembar biasanya akan lebih hebat daripada ibu dengan janin tungga
  • Pada pemeriksaan denyut jantung janin ditemukan adanya 2 atau lebih denyut jantung janin

  • Pada pemeriksaan USG pada trimester kedua kehamilan ditemukan adanya 2 atau lebih janin.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kehamilan kembar, anda dapat membaca artikel Kami yang berjudul Kehamilan Kembar. Semoga bermanfaat (DP)

 

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar