Sukses

Seks saat haid sebabkan kehamilan?

17 Oct 2014, 10:32 WIB
Wanita, 22 tahun.
dear dokter, saya ingin menanyakan sesuatu, apabila melakukan seks pada saat menstruasi bisa menyebabkan kehamilan apabila dikeluarkan di dalam dan menstruasi sudah hampir slese (tinggal bercak2 kecoklatan), terima kasih masukannya dok, apa yang harus saya lakukan agar cepat punya anak mengingat saya ingin sekali membahagiakan suami( perempuan, 22 thn,153 cm,43 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Fase menstruasi merupakan salah satu fase dari siklus mestruasi dimana pada saat menstruasi kadar hormonal sedang turun dan terjadi peluruhan rahim karena tidak dibuahi.

Hubungan intim pada masa menstruasi tidak mungkin menyebabkan kehamilan karena pada saat itu sel telur (ovum) belum matang sehingga tidak bisa dibuahi serta seperti keterangan kami di atas, rahim Anda sedang meluruh akibat tidak dibuahi sehingga tidak mungkin kehamilan dapat terjadi.

Yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan:
  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  • Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas).
Seseorang dikatakan mengalami gangguan kesuburan (infertilitas primer) dan perlu pemeriksaan lebih lanjut ke dokter apabila belum memiliki keturunan setelah 1 tahun berhubungan seksual secara teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar