Sukses

Siklus haid, pasca melahirkan

29 Mar 2010, 15:02 WIB
Wanita, 29 tahun.
Ass, Begini dok, saya ingin bertanya entang siklus menstruasi saya yang kacau sejak melahirkan desember 2009 kemarin. Saya bersalin tgl 10 des 09 kemudian selesai nifas bulan januari kemarin darah nifasnya belum berhenti hingga 3 hari kedepan, karena sudah melewati masa nifas saya kira itu adalah darah haid sehingga saya mulai minum pil KB ( EXLUTON ) setelah itu haid saya jadi tak karuan setelah bersih kemudian haid lagi satu minggu kemudian hingga saya bisa mendapatkan 2 kali haid dalam satu bulan. hal ini berlangsung hingga bulan februari, awal maret kemarin saya tetap konsumsi pil tsb hingga minggu kedua maret setelah itu saya hentikan. nah hingga sekarang sejak awal maret saya kok belum haid juga ya dok ( selama tidak mengkonsumsi pil kb saya tidak berhubungan dengan suami ) saya jadi semakin bingung. mohon penjelasannya. terima kasih( perempuan, 29 thn,156 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Exluton merupakan kontrasepsi oral dosis rendah dengan bahan aktif hormon progestogen (lynestrenol). Penggunaan pertama kali kontrasepsi ini memang membutuhkan periode adaptasi sekitar 1-3 bulan. Efek samping awal yang mungkin terjadi adalah perdarahan ireguler atau perdarahan intermenstrual.

Pada umumnya, setelah masa 3 bulan, haid Anda akan teratur kembali atau mulai mendekati siklus normalnya. Melihat dari keluhan yang Anda sampaikan, kemungkinan saat ini Anda mengalami periode adaptasi. Namun apabila setelah 3 bulan pemakaian kontrasepsi oral dan haid Anda masih tidak teratur, kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter karena mungkin terjadi ketidakcocokan kontrasepsi. Kemungkinan jenis kontrasepsi Anda akan diganti sesuai dengan kondisi Anda yang masih menyusui.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar