Sukses

Sulit hamil karena polip

20 Oct 2014, 04:21 WIB
Wanita, 34 tahun.
Halo, dokter. Surat saya kok lama belum dibalas. Ini sy ulang lagi aja, mudah-mudahan dijawab ya. Sy sdh menikah hampir 6 th, tp blm diberi momongan. Jan 2009, sy pernah jalaini couter, operasi miomaktomi, polip dan usus buntu. Hasil HSG 2 kali, tuba falopi sebelah kanan sy non patent, sedang ygg kiri patent, kmd sth operasi sy pernah ditiup 3 x. Jan 2010 hasil USG 4D ditemukan adanya polip endemetrium di rahim kanan uk 6.06mm, indung telur sebelah kanan folikel, dan terlihat digambar tuba falopi kanan brgambar hitam, kata dokter itu berarti masih nutup, kemgkinan ada yg nekuk waktu proses operasi mioma dulu, kmd sy dikreo dan disinar 3 x utk membuka tuba falopi kanan tsb. Untuk menghilangkan polip tsb, dokter menyarankan sy utk disuntik GNRH 1 kali dulu. Tapi sy blm menjalani krn sy khawatir dengan efeknya spt bulan depan sy tidak mens. Pertanyaan sy adalah sbb: 1. Apakah ada cara lain untuk mematikan pertumbuhan polip selain dg suntik GNRH? Apakah Suntik GNRH bisa untuk mencegah Polip dan Mioma untuk tumbuh lagi? 2. Apakah setiap bulan indung telur yg folikel hanya salah satu saja atau bisa dua-dua-nya? Obat atau makanan apa yang bisa membuat indung telur folikel dan bagus dibuahi? 3. Apakah factor pikiran (stress) bisa mengakibatkan sy sulit hamil dan membuat polip or mioma tumbuh lagi? 4. Bulan Feb 2010 pada waktu subur sy USG vag, trlihat indung telur sebelah kiri ukr 1.6 cm apakah ini termasuk folikel? Bagaimana kemungkinan sy untuk bisa hamil, mengingat tuba falopi kiri saya patent. Obat-obatan, makanan or proses apa yang bisa dilakukan agar indung telur bisa folikel? 5. Sudah 3 kali mens, tiap kali hari ke 16-18 perut sebelah kiri terasa sakit mules, apakah ini karena proses ovulasi or karena faktor lain? 6. Apakah hasil analisa sperma suami jika dilakukan pengulangan, kemungkinan hasilnya tetap sama? Hasil analisa sperma suami, cukup baik, tp jumlahnya kurang banyak, apakah ini juga salah satu pengaruh sy sulit hamill? Apakah faktor kecapaian suami bisa mempengaruhi kualitas sperma saat hubungan diwaktu subur? 7. Sy sudah pernah ditiup dan disinar dg tujuan utk membuka tuba falopi kanan, apakah cara ini sudah tepat? Adakah cara lain yg bisa dokter sarankan? Sekian dokter, semoga dokter bisa membantu memecahkan permasalahan yang sy alami. ( perempuan, 34 thn,155 cm,43 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda mengenai keadaan yang dialami, sudah menikah 6 tahun tetapi belum hamil.Sayang tidak ada data pemeriksaan sperma suami.Tetapi dari HSG tampaknya terdapat masalah dengan saluran telur (sebelah kanan non patent atau tertutup,biasanya karena infeksi) sehingga fungsi saluran telur tampaknya terganggu atau mungkin juga ada perlengketan di sekitarnya yang menghambat fungsinya.Untuk hamil saya anjurkan langsung ikut bayi tabung mengingat faktor umur,lama perkawinan dan masalah saluran telurnya.Menjawab pertanyaan Anda :

1.Mengenai polip sebaiknya dibuang dulu dengan cara dikuret (tidak bisa dengan obat-obatan) sebelum ikut bayi tabung.

2.Folikel (sel telur) hanya tumbuh dari salah satu ovarium secara alami tapi dgn obat-obatan bisa tumbuh bersamaan dari kedua ovarium.

3.Stress tidak secara langsung mempengaruhi kesuburan.

4.Pada USG memang sel telur (dlm hal ini folikelnya) bisa tampak dan bisa diukur diameternya utk menentuan kematangannya.

5.Nyeri perut sekitar hari ke 16-18 bisa saja disebabkan oleh ovulasi.

6.Pemeriksaan sperma tidak perlu diulang-ulang dan pada umumnya kelainan pada sperma sulit untuk diobati tetapi sperma bisa dimanfaatkan dengan bantuan teknologi (Inseminasi/bayi tabung).

7.Pada masalah saluran telur tidak ada gunanya ditiup karena fungsi saluran telur tidak akan pulih, kalau memungkinkan harus dilakukan operasi laparoskopi untuk memperbaiki fungsi saluran telur.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

 

Salam,

 

dr. Indra C. Anwar, SpOG

Pengasuh Rubrik Kebidanan dan Kandungan

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar