Sukses

Cedera pergelangan kaki

16 Oct 2014, 11:16 WIB
Wanita, 4 tahun.
Anak saya tergolong kategori anak yg aktif, bila jatuh atau loncat2 terlalu kuat anak saya sering sekali keseleo pada kaki sebelah kiri bagian engkel, pernah saya periksakan tp tidak ada masalah dengan tulang kakinya, yang jadi pertanyyaan sy dok apakah ada kelainan atau kekurangan vitamin/zat apa pada tubuh anak sy ini ? saya minta masukan dan saran dari dokter.. terima kasih..( perempuan, 4 thn,125 cm,16 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sendi pada engkel kaki sering sekali mengalami cedera. Cedera sendi engkel sebenarnya merupakan cedera pada ligamen dari sendi engkel, yang elastis, memiliki struktur seperti karet yang menjaga tulang-tulang dari sendi engkel bersama-bersama dan  dan mencegah sendi terputar atau terpelintir berlebihan. 

Beberapa penyebab cedera pada lokasi tersebut adalah jika kaki mendarat secara janggal, jika dataran tidak rata atau ketika terdapat kekuatan dalam jumlah yang tidak biasa diberikan pada sendi tersebut. Aktivitas yang dilakukan oleh anak Anda memang dapat mencetuskan kejadian keseleo (sprain).

Karena berdasarkan pemeriksaan dokter, tidak ditemukan permasalahan pada kaki anak Anda. Maka yang dapat Anda lakukan saat ini adalah dengan melakukan pencegahan agar tidak terjadi kembali di kemudian hari. Yang terpenting adalah dengan memperkuat daerah persendian.

  • Jaga agar sendi engkel tetap kuat dan fleksibel. Anda dapat mengunjungi tenaga fisioterapi untuk latihan mengencangkan sendi engkel. 
  • Gunakan sepatu yang sesuai ketika anak Anda beraktivitas. Anda dapat memberikan jenis sepatu yang tinggi dan menutupi bagian engkel untuk memberikan support pada engkel seperti sepatu basket.
  • Selalu pastikan bahwa dataran tempat anak Anda bermain, bebas dari berbagai benda yang dapa memungkinkan terjadinya cedera.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar