Sukses

Tanya pengobatan tumor

25 Mar 2010, 17:13 WIB
Wanita, 50 tahun.
Asalaamualaikum Wr wb Salam sejahtera. langsung saja, dengan hormat saya fitrah sagala, ingin berkonsultasi melalui e-konsul ini. Ibu saya Ny Tuti Suwarsih yang sekarang berdomisili di PAPUA JAYAPURA diketahui terdapat benjolan disekitar payudara (praduga awal adalah sejenis kista/tumor). untuk penanganan lebih lanjut saya memutuskan untuk memeriksakan beliau ke surabaya/jakarta. Mohon saran dari dokter agar dapat memberikan rekjomendasi RS atau Klinik yang terpercaya untuk menangani masalah keluarga saya ini. Untuk informasi pemeriksaan ibu saya selama di PAPUA diindikasikan beliau harus dioperasi, namun karena ada pengalaman dan kejadian buruk yang menimpa saudara saya sebelumnya yang menderita kanker USUS tidak ditangani secara baik hingga sekarang saya masih trauma untuk pengobatan beliau di PAPUA. Mohon informasi dan perhatian dari para ahli di e-konsultasi ini saya harapkan. Terima kasih Wasaalaamualaikum warrohmatullahi wabarakatuh Salam sejahtera( perempuan, 50 thn,158 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda mengenai penyakit yang dialami ibu Anda. Untuk mendeteksi benjolan yang ada pada payudara ibu Anda, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut setelah pemeriksaan fisik dengan dokter. Pemeriksaan tersebut berupa laboratorium, USG mammae (payudara), rontgen paru (untuk mengetahui kemungkinan adanya penyebaran sel tumor) hingga biopsi (mengambil contoh jaringan untuk diperiksa struktur nya dan dipastikan jenisnya-jinak ataukah ganas). Biopsi seringkali dilakukan dalam ruang operasi dan pasien dalam keadaan terbius. Kemudian contoh jaringan akan langsung diperiksa di laboratorium, sehingga dapat diketahui langsung hasilnya dan diputuskan tindakan selanjutnya-apakah diangkat atau diputuskan pengobatan lain seperti penyinaran ataupun kemoterapi.

Untuk pemilihan rumah sakit, sebaiknya pilih rumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap untuk pemeriksaan tumor/benjolan atau rumah sakit khusus yang menangani penyakit tumor.

Sedangkan, untuk perihal kebutuhan rekomendasi alamat lembaga kesehatan/klinik/rumah sakit yang dapat menyediakan layanan terapi bedah tersebut, anda dapat menggunakan fitur Pencarian Klikdokter.com yang meliputi Dokter / Rumah sakit / Klinik / Perhimpunan dokter spesialis.

Dimana data Dokter / Rumah sakit / Klinik / Perhimpunan dokter spesialis yang kami miliki sudah terintegerasi dengan Dokter / Rumah sakit / Klinik / Perhimpunan dokter spesialis terkait dengan hasil optimal.

Untuk dapat menggunakan fitur pencarian tersebut, silahkan akses Menu 'Pencarian' pada Menu Bar  website Klikdokter.com,  kemudian cukup ikuti  prosedural  pencarian  yang  anda kehendaki.

Sebaiknya penanganan benjolan pada payudara dilakukan sedini mungkin. Jika ternyata berupa tumor jinak ataupun kista, maka dapat dilakukan pengangkatan benjolan. Namun jika hasilnya tumor ganas (kanker payudara), sebaiknya segera ditangani sesuai dengan stadium yang didapatkan. Karena angka harapan hidup pada kanker payudara yang ditemukan dalam stadium dini relatif tinggi.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar