Sukses

KB suntik sebabkan flek?

25 Mar 2010, 19:25 WIB
Wanita, 24 tahun.
saya pakai KB suntik yang 3 bulan baru 2 kali, pertama haid saya teratur tp KB suntik yg kedua kalinya skrg haid saya tidak teratur sudah 3 minggu lebih tp cuma seperti flek2 saja!kira-kira normal ga mens saya! apakah saya harus ganti KB? KB apa ya yang siklus Haid nya teratur?( perempuan, 24 thn,162 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

KB suntik yang dilakukan setiap 3 bulan berisi kandungan hormon progesteron sintetik (progestogen). Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini.

Jika Anda ingin mengganti jenis KB , pertimbangkan keuntungan, kerugian, efektivitas, efek samping maupun seberapa cepat terjadinya pengembalian kesuburan.Karena masing-masing jenis kontrasepsi memiliki keunggulan dan harus disesuaikan dengan pengguna nya. Anda dapat membaca artikel kami berikut Keluarga Berencana

Jika Anda menginginkan siklus haid yang teratur, Anda dapat mengganti KB yang mengandung dua jenis hormon, estrogen dan progestogen. Bentuk sediaan yang tersedia bervariatif; seperti injeksi setiap 1 bulan, pil kombinasi yang harus diminum setiap hari, implan ataupun alat kontrasepsi dalam rahim. Diskusikan dengan dokter terdekat mengenai pemilihan jenis kontrasepsi. 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar