Sukses

Tangan anak kering dan merah

16 Oct 2014, 16:54 WIB
Wanita, 21 tahun.
Dok,ank prmpuan sy (5 bln) sdh 4 hr ini kulit tngan'y trlihat kring dan merah tp hny slebar 4 cm(tdk smpai 1 tangan pnuh)di bgian tngan knan dan jg kiri.Kira2 ank sy knp y dok,ap hrus d'brikan smcam lotion? Atas jwban dokter,sy ucpkan trma ksh( perempuan, 21 thn,160 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelum melakukan pengobatan tentunya harus dipastikan dahulu diagnosis dari kelainan kulit yang terjadi. Untuk memastikan diagnosis, selain didapatkan dari hasil wawancara akan gejala, juga tidak dapat dipungkiri bahwa pemeriksaan langsung ke dokter  secara kasat mata sangat penting. Adakah gejala lain selain kemerahan dan kulit kering pada kulit? Adakah demam?atau gejala lain pada tubuh?

Jika hanya mengambil data dari keluhan Anda saja, ada kemungkinan bahwa bayi Anda menderita dermatitis atopi, yaitu suatu kelainan kulit yang disebabkan karena berbagai faktor seperti faktor genetik, emosi, trauma, keringat, dan faktor imunologis. Apakah saat ini bayi Anda hanya mendapatkan ASI eksklusif? ataukah sudah bercampur dengan susu formula? Jika ASI eksklusif, maka kemungkinan kemerahan merupakan reaksi alergi akibat makanan yang dimakan oleh ibu. Namun, jika sudah bercampur dengan susu formula, kemungkinan adanya reaksi dari alergi susu, namun biasanya juga disertai dengan gejala pencernaan.

Penangan dari dermatitis atopi ini lebih ditekankan pada menghindari penyebab. Selebihnya yaitu dengan mengobati gejala yang dirasakan. Berikut tips yang dapat Anda lakukan:

Jangan mandikan bayi Anda dengan air yang terlalu panas.Gunakan sabun mandi khusus bayi.Segera setelah selesai mandi, oleskan pelembab khusus kulit bayi pada bagian yang kering. Lakukan ini dua kali sehari Jika kemerahan berlanjut, segera hubungi dokter terdekat.

Sebagai informasi tambahan, kami sarankan Anda untuk membaca artikel koleksi kami yang berjudul Dermatitis Atopik.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar