Sukses

Normalkah pertumbuhan anak saya?

24 Mar 2010, 14:50 WIB
Wanita, 30 tahun.
siang dok, trims atas jawaban dokter pada pertanyaan sy sblmnya, msh ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan ttg anak saya.... 1. Berat badan anak saya 5,7 kg dan tingginya 65 cm pada usia 3,5 bulan skrg anak sy berusia 4,5 bulan tp blm ditimbang lg, apakah berat dan tinggi anak saya normal dok? sebenarnya berapa kisaran berat dan tinggi badan pada tahun pertama pertumbuhannya? 2. Dok, sy berikan susu formula jg kpd anak sy hanya pada saat sy bekerja saja, knp ya pada saat itu klo pipisnya suka banyk bngt berbeda ketika sy kasi full ASI pada saat saya tdk bekrja? apakah ada perbedaan kandungan ASI dengan susu formula, apa perbedaan kandungan yg bs menyebabkan jumlah urinenya bnyk pada saat mengkonsumsi susu formula? trims atas jawabannya dok.... ( perempuan, 30 thn,155 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda satu  persatu.

1. Berat badan ideal anak usia 3 bulan menurut WHO adalah kisaran 5,1-7,9 (laki-laki) dan 4,6-7,4 (perempuan). Sedangkan pada usia 4 bulan memiliki kisaran 5,6-8,6 (laki-laki) dan 5,1-8,1 (perempuan). Sedangkan tinggi badan ideal pada anak usia 3 bulan menurut WHO adalah kisaran 57,6- 65,3 (laki-laki) dan 55,8-63,8 (perempuan). Sedangkan pada usia 4 bulan memiliki kisaran 60,0-67,8 (laki-laki) dan 58,0-66.2 (perempuan).

Atas dasar tabel berat badan dan tinggi badan ideal menurut WHO,  berat badan anak Anda yang 5,7kg dan tinggi badan 65 cm masih berada dalam kisaran ideal. Namun tentunya, berat badan dan tinggi badan harus terus dimonitor setiap bulannya untuk memastikan tidak ada gangguan atau penyakit yang berdampak pada gangguan tumbuh kembang anak. Periksakan secara rutin anak Anda pada posyandu atau dokter anak Anda. Untuk memeriksakan pertumbuhan (berat badan dan tinggi badan) anak Anda, kami persilahkan Anda untuk mengunjungi situs kami Rubrik Tumbuh Kembang Anak.

2. Tidak ada zat yang menyebabkan perbedaan susu formula dan ASI khususnya yang berhubungan dengan banyak buang air kecil.  Mungkin yang dapat dipikirkan adalah takaran air yang digunakan untuk mencampur susu formula lebih banyak dibandingkan ASI.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar