Sukses

Diabetes sebabkan tubuh kurus?

20 Oct 2014, 10:56 WIB
Wanita, 17 tahun.
Selamat Pagi dok.... Saya mau bertanya lagi seputar penyakit Diabetes Melitus... Dok, saya sering melihat orang yang kena diabetes melitus, yang dulunya gemuk, tapi pada akhirnya jadi kurus dok.... Apa yang menyebabkan pasien diabetes kehilangan berat badannya dok??? Thanks dok....( perempuan, 17 thn,158 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pada penderita diabetes, gula/glukosa yang terdapat dalam makanan atau minuman akan mengalami kesulitan ketika masuk ke dalam sel- sel tubuh. Hal ini dapat disebabkan karena

1. kurangnya hormon insulin ( hormon yang berfungsi untuk memasukkan glukosa ke dalam sel-sel           tubuh).

2. kerusakan reseptor dari hormon insulin yang berada pada sel-sel tubuh.

Karena glukosa tidak dapat masuk, maka glukosa akan menumpuk di dalam pembuluh darah. Akibatnya, sel-sel tubuh akan kekurangan energi yang bisa didapat dari glukosa tersebut. Sel tubuh yang kekurangan energi kemudian akan merasa lapar, sehingga kemudian memicu otak untuk memberikan sinyal "alarm" pada seluruh tubuh. Karena sinyal tersebut, tubuh berusaha untuk memenuhi kebutuhan sel akan glukosa dengan memecah lemak dan protein. Sehingga lemak dan protein (bahan pembentuk otot) tubuh akan berkurang. Maka pada penderita diabetes lanjut dengan kadar gula darah tinggi dan tidak mendapatkan pengobatan untuk meningkatkan reseptor hormon insulin ataupun pemberian hormon insulin (sintetik) secara langsung dengan suntikan, lama-lama dapat menjadi kurus.  

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar