Sukses

Terjaga di malam hari, anak sakit?

22 Mar 2010, 11:33 WIB
Wanita, 26 tahun.
anak saya sekarang berusia 5,5 bulan.akhir-akhir ini di malam hari dia sering terjaga (menangis), hampir setiap satu jam (kadang 1/2 jam) dia sudah menangis lagi dan baru mau diam jika digendong sebentar. Apakah ada kelainan terhadap anak saya? karena setahu saya, dengan usia 5-6 bulan seharusnya dia sudah bisa tertidur terus sepanjang malam. trima kasih atas jawabannya( perempuan, 26 thn,150 cm,42 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Bayi umumnya memang akan tidur bila kenyang dan merasa nyaman. Bayi memiliki pola tidur sendiri yang berbeda dari orang dewasa. Mereka umumnya akan terbangun bila merasa lapar, haus, dan sebagainya. Yang perlu diketahui adalah usahakan kualitas dan waktu tidur bayi Anda cukup dengan cara diantaranya adalah :

  • Perhatikan kenyamanan ruang tidur
  • Pastikan cahaya cukup (temaram), ventilasi baik, tidak berisik, dan tidak terlalu dingin atau terlalu panas
  • Mengajari bayi bahwa malam hari adalah waktu tidur dengan cara biasakan menyusui dan mengganti popok dengan penerangan redup di malam hari
  • Setelah selesai menyusui atau mengganti popok di malam hari, ajak ia kembali tidur
  • Latih bayi Anda agar mengetahui bahwa tempat tidur adalah tempatnya untuk tidur. Letakkan si kecil di tempat tidur saat ia sudah mengantuk, hindari membiarkannya tidur dalam gendongan Anda atau di ruangan lain.
  • Ketika ia terbangun ajari anak untuk tidur kembali. Jangan nyalakan lampu. Tenangkan dengan kata-kata lembut. Selanjutnya tinggalkan ia sendiri untuk kembali tidur. Jika menangis lagi, biarkan dulu 5 menit baru tenangkan lagi. Berikutnya jika kembali menangis tunggu 10 menit. Dan seterusnya hingga 15 menit. Malam berikutnya tambah waktu tunggu 5 menit, yaitu 10 menit, 15 dan 20 menit. Biasanya seorang anak memerlukan waktu hingga 2-3 malam. Jika gagal, hentikan dulu prosedur ini, dan coba lagi setelah 1 bulan (cara ini diperkenalkan oleh Richard Ferber, Boston's Children hospital.)

Di awal-awal ia biasanya akan  menangis ketika Anda tidak lagi menimangnya. Tapi secara bertahap kebiasaan itu akan berhenti juga. Apabila anak Anda tidak lapar, haus, dan tidak sakit, maka kemungkinan menangis saat ini hanyalah penyesuaian waktu tidur saja.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar