Sukses

tersiksa sakit pada sendi rahang

20 Oct 2014, 00:19 WIB
Wanita, 29 tahun.
saya penderita TMJ. bisakah melakukan perawatan sendiri di rumah. jika cuaca sedang dingin saya tersiksa dengan sakit dibagian leher sebelah kanan, kepala sebelah kanan dan telinga kanan. bagaimana cara mengatasinya dan adakah obat pereda sakit yang aman untuk di minum? tolong informasi tempat atau rumah sakit yang secara khusus bisa menangani TMJ karena saya sering ke dokter gigi, tapi kebanyakan dari dokter gigi tersebut tidak menguasai masalah TMJ. terima kasih( perempuan, 29 thn,157 cm,69 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Sdri yang terhormat,
Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Perawatan TMJ (Temporomandibular Joint/Sendi rahang) dapat dimulai dengan prosedur yang paling sederhana dan pasien dapat melakukan sendiri di rumah.. Pasien penderita TMJ dapat melakukan terapi fisik yaitu serangkaian latihan otot untuk meregangkan otot-otot rahang yang tegang, dan jika dilakukan secara rutin dapat melegakan rasa sakit yang diderita. Caranya, pasien menghadap cermin, lakukan gerakan buka tutup mulut dengan perlahan. Pasien TMJ rata-rata mengalami masalah dalam membuka mulut lebar jadi jangan dipaksa, lakukan secara perlahan.

Pertama-tama boleh diukur dulu seberapa besar mulut dapat dibuka tanpa paksaan dan rasa sakit. Perlahan-lahan, pasien harus berusaha untuk dapat membuka mulut semakin lebar. Saat dibuka, rahang tidak boleh miring ke kanan/kiri tapi harus lurus, oleh karena itu perlu cermin untuk memastikannya. Lakukan sebanyak 10 hitungan. Setelah itu buka rahang dengan menggerakkannya ke arah kanan dengan hitungan yang sama, kemudian ke kiri juga sebanyak 10 kali. Lakukan ini setidaknya 2 kali sehari.  

Selain itu rasa sakit juga dapat diredakan dengan memberikan sensasi hangat di sekitar rahang yang bermasalah. Hal ini dapat dilakukan dengan mengkompres pipi sekitar rahang dengan handuk hangat. Pasien juga disarankan untuk menghindari makanan yang keras atau makanan kenyal yang membutuhkan banyak pengunyahan.

 Pergerakan rahang melibatkan banyak otot, dan sumbernya tidak hanya terbatas pada sendi rahang saja namun juga bisa dipicu oleh ketegangan otot pada bagian tubuh yang lain atau karena kesalahan postural. Anda dapat mencoba untuk memulai latihan yoga didampingi instruktur, gerakan-gerakan yoga diyakini banyak bermanfaat untuk relaksasi otot dan memperbaiki postur tubuh.

Masalah TMJ memang tidak diberikan secara mendalam dalam pendidikan kedokteran gigi umum, namun bidang spesialisasi prosthodonti yang mendalami gigi tiruan banyak mempelajari tentang TMJ. Anda dapat untuk berkonsultasi ke bagian prosthodonti di Rumah Sakit Gigi Pendidikan FKG di kota tempat tinggal Anda, sehingga kasus Anda dapat ditangani secara komprehensif. Penggunaan obat analgesik dan antiinflamasi  dapat  membantu untuk meredakan rasa sakit namun  sebaiknya obat ini dikonsumsi dengan resep dokter.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan.

 Drg.Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar