Sukses

3 gigi dicabut, pipi kempot

19 Oct 2014, 10:21 WIB
Wanita, 26 tahun.
Sakit pada gigi tambalan dok..gigi geraham saya sblh kanan yg bawah dan atas dicabut..total 3 gigi.apakah itu ngaruh ya ke pipi saya yg keliatan kempot? dan gigi saya keropos..gigi depan saja ditambal karena keropos.apakah penyakit yg saya derita dok? saya takut nanti kehilangan semua gigi..padahal usia masih muda..makasih dok( perempuan, 26 thn,155 cm,46 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdri. yang terhormat,
Terima kasih atas pertanyaan Anda. Gigi yang digunakan saat pengunyahan akan meneruskan tekanan kunyah ke jaringan yang menyangga gigi, termasuk tulang rahang (alveolar). Tekanan ini akan menjadi rangsangan bagi tulang untuk terus mengalami proses alami yang disebut remodelling, dimana terjadi proses penghancuran (resorbsi) dan pembentukan (aposisi) sel-sel tulang secara seimbang.

Jika tulang sudah tidak bergigi, berarti tidak ada fungsi pengunyahan yang diterima oleh tulang alveolar, dan terjadi ketidakseimbangan antara penghancuran dan pembentukan dimana proses resorbsi yang terjadi tidak diimbangi oleh proses aposisi. Akibatnya ketinggian tulang akan semakin menurun. Hal ini jelas berpengaruh bagi pipi, karena massa tulang berkurang akibatnya daya dukung tulang terhadap pipi juga menjadi berkurang. Hal ini paling gampang terlihat pada orang tua yang sudah ompong, dimana ketinggian tulangnya sudah jauh berkurang dan pipi terlihat kempot.

Bagaimana dengan cara Anda menjaga kebersihan gigi dan mulut apakah sudah maksimal? Karies yang terjadi pada gigi Anda adalah akibat infeksi bakteri, sedikit demi sedikit gigi menjadi rusak, dan penyebab utamanya adalah kebersihan gigi dan mulut yang buruk. Coba lebih maksimalkan lagi penjagaan oral hygiene Anda, dan berkonsultasi ke dokter gigi secara berkala untuk mendeteksi karies sedini mungkin agar tidak terlambat dan gigi sudah tidak dapat dipertahankan lagi sehingga terpaksa dicabut. Cara menjaga kebersihan gigi dan mulut sudah banyak dibahas di rubrik kesehatan gigi dan mulut Klikdokter.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.
Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar