Sukses

KB Suntik Hambat Kehamilan?

16 Mar 2010, 11:49 WIB
Wanita, 23 tahun.
Assalamualaikum, met pagi dok. saya menikah sudah 11 bulan tapi belum juga ada tanda kehamilan. sehari sebelum menikah saya KB suntik (tapi hanya 1 kali itu saja). apakah ada efek kenapa saya jd tidak hamil sampai sekarang? kemudian pada bulan ini (Maret 2010) saya tidak merasakan tanda akan menstruasi. apakah ada kemungkinan saya hamil dok? soalnya dada saya menegang terus dan putingnya lebih lembut dan bagian putingnya menghitam. makasih atas jawabannya dok. (perempuan, 23 th, tinggi 153cm, berat 52 kg)( perempuan, 23 thn,153 cm,52 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Sedikitnya hanya sekitar 85% pasangan suami istri yang akan hamil dalam satu tahun pertama pernikahan dan 92% pada tahun kedua pernikahan. Seseorang baru dapat dikatakan memiliki masalah infertilitas primer (gangguan kesuburan) apabila telah memenuhi kriteria berikut, yaitu : belum memiliki keturunan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi. "Lalu bagaimanakah frekuensi dan kualitas hubungan seksual Anda selama ini?

Untuk saat ini, anda tidak perlu terlalu khawatir karena memang tidak semua pasutri dapat memeperoleh keturunan segera setelah menikah. KB suntik bukanlah penyebab sulitnya anda mendapatkan keturunan. Terlebih jika siklus menstruasi anda telah kembali normal setelah pemakaian KB tersebut. Sulitnya anda memperoleh keturunan mungkin disebabkan karena selama ini anda selalu melakukan hubungan seksual pada saat yang tidak tepat, yaitu bukan pada masa subur anda. Masa subur adalah masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur). Untuk mengetahui kapan masa subur Anda, Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haid Anda dari 3-6 siklus haid terakhir. Jika siklus menstruasi anda berlangsung teratur selama 27-28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi anda adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu.

Anda dapat mencurigai diri anda hamil jika anda mengalami beberapa tanda tidak pasti kehamilan, yaitu :

  • terlambatnya periode menstruasi

  • sering berkemih

  • pembesaran dan nyeri pada payudara

  • mual

  • perasaan lelah

  • daerah sekitar puting susu menghitam

  • peningkatan suhu tubuh

  • flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

  • dsb

Untuk memastikan adanya kehamilan dalam rahim anda atau tidak, anda dapat melakukan test pack dengan menggunakan urin di pagi hari.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar