Sukses

Obat Penyakit Menular Seksual

22 Mar 2010, 12:11 WIB
Pria, 33 tahun.
Apa obat GO dan herpes simpleks genitalis??( laki-laki, 33 thn,173 cm,85 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

GO (gonorea) dan herpes simpleks genitalis merupakan suatu bentuk penyakit menular seksual. GO dapat terjadi akibat adanya infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae yang ditularkan oleh pasangan seksual yang telah terinfeksi bakteri tersebut. Pada laki-laki , GO akan memiliki gejala berupa rasa tidak enak saat berkemih, nyeri ketika berkemih, keluarnya nanah dari penis. Sementara GO pada wanita seringkali tidak memberikan gejala apa-apa selama beberapa minggu atau bulan,namun pada beberapa kasus terdapat wanita yang mengeluhkan nyeri saat berkemih, keluar cairan dari vagina, dan demam. Sebelum mendapatkan pengobatan GO perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, yaitu pemeriksaan mikroskopik terhadap nanah yang keluar, untuk memastikan bahwa benar keluhan-keluhan yang dirasakan memang disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae, karena terdapat beberapa jenis infeksi bakteri lain yang menimbulkan keluhan menyerupai GO. Pengobatan yang salah mengakibatkan penyakit tidak sembuh-sembuh dan akan terjadi resistensi (kebal) terhadap obat GO. Jika telah ditegakkan diagnosis Gonorea, dokter akan memberikan terapi antibiotik oral ataupun injeksi (suntikan) berupaobat dari golongan cephalosporin (seperti ceftriakson) atau obat-obatan dari golongan fluoroquinolone, dan lain sebagainya.

Sementara untuk herpes simpleks genitalis, penyakit tersebut disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks. Herpes simpleks tidak dapat disembuhkan sepenuhnya. Setelah keluhan akibat infeksi virus herpes hilang, virus akan bersembunyi di ganglion saraf dalam tubuh dan dapat aktif (kambuh) kembali ketika daya tahan tubuh menurun. Pengobatan dengan antivirus (speerti acyclovir, valacyclovir dan famcyclovir) hanya ditujukan untuk mengurangi durasi terjadinya penyakit dan mengurangi beratnya penyakit.

Untuk mendapatkan obat-obatan tersebut, anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter anda karena penggunaan obat-obatan tersebut harus berada dibawah pantauan dokter. Ketika diagnosis GO dan herpes simpleks telah ditegakkan, dokter akan memberikan obat dengan dosis dan durasi penggunaan obat yang sesuai. Yang harus diperhatikan pada penyakit kelamin anatara lain :

  • hindari kontak seksual sebelum penyakit sembuh
  • pemeriksaan dan pemberian obat kepada pasangan seksual tetap
  • menggunakan kondom untuk menghindari penularan penyakit
  • tidak berganti-ganti pasangan seksual

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat. (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar