Sukses

masih bisakah dibuatkan gigi palsu?

18 Oct 2014, 06:39 WIB
Wanita, 36 tahun.
Sakit pada gigi Rahang Bawah Kanan Molar 3; Rahang Bawah kiri Molar 1; Rahang Bawah kiri Molar 2 Dear dokter, mohon bisa dibantu pertanyaan saya berikut ini: 1. gigi kiri atas saya banyak yg turun karena adanya pencabutan gigi rahang bawah kiri sebanyak 2 buah.Kejadiannya sudah lama sekali. saya pernah pasang gigi palsu lepasan,tapi karena sakit dan tidak nyaman dipakai untuk makan,maka akhirnya tidak saya pakai. Apakah memungkinkan untuk saya membuat kembali gigi palsu tersebut mengingat gigi atasnya turun semua ? 2. gigi kanan bawah saya tumbuh miring, sehingga kepala gigi separuh masuk kedalam. Gigi tersebut sudah pernah ditambal lama sekali, sampai akhirnya lepas awal tahun ini. Lubangnya cukup besar, tapi kepala gigi masih tersisa separuh. sebelum dan selama perawatan gigi, tidak terasa sakit sama sekali. Permasalahannya pada saat ditambal permanen. tambalan sudah 2x lepas, sabtu kemarin baru saya tambal ke-3x, dan dokter menyarankan agar saya mencabut gigi tersebut.Jujur saja, saya trauma dengan pencabutan gigi, karena kasus 1(pertanyaan no.1), gigi saya dicabut 2 buah tanpa konsultasi lebih dulu. saya ingin mempertahankan gigi ini. Apakah ada cara lain selain pencabutan? saya pernah baca yang namanya jacket gigi. Apakah itu memungkinan dok ? Mohon bisa dibantu saran2 dan jawabannya. A bunch of thanks before :)( perempuan, 36 thn,158 cm,46 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Sdri. yang terhormat,
Terima kasih atas pertanyaan Anda. Mengenai gigi tiruan baru yang akan dipasang pada rahang bawah, masih tetap dapat dilakukan tentunya dengan penyesuaian-penyesuaian dengan posisi gigi lawan dan gigi di sebelah gigi yang hilang. Mengingat Anda sudah pernah dibuatkan gigi tiruan dan merasa tidak nyaman, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis prosthodonti (drg Sp.Pros) yang mendalami pembuatan gigi tiruan agar dapat mengakomodir keluhan Anda dan dapat memberi alternatif perawatan yang lebih baik bagi Anda.

Dalam keterangan Anda, gigi di rahang bawah kanan yang menjadi keluhan adalah gigi molar 3 yang letaknya di ujung rahang. Saya dapat membayangkan penambalan pada gigi tersebut cukup sulit dilakukan karena posisinya yang miring dan jauh di ujung rahang, sehingga tidak mengherankan jika kualitas tambalan yang dihasilkan kurang baik karena minimnya akses dan menjadi mudah lepas. Pada kasus seperti ini memang ada pro dan kontra. Beberapa ahli mengatakan gigi M3 pada kasus seperti ini memang lebih baik dicabut saja karena perawatan sulit dilakukan sehingga prognosis (perkiraan keberhasilan) kurang memuaskan. Untuk pembuatan jacket crown (mahkota tiruan) pada gigi tersebut membutuhkan banyak sekali pertimbangan, pertama, gigi tersebut posisinya miring. Gigi yang akan dibuatkan crown harus diasah untuk menyediakan tempat bagi mahkota tiruannya nanti, dan pengasahan tsb harus memenuhi kaidah-kaidah tertentu, yang tentunya lebih sulit bila posisi gigi sangat miring untuk mendapatkan kesejajaran.

Saran saya sebaiknya Anda berkonsultasi lagi ke dokter gigi lain secara langsung, agar dapat dilakukan pemeriksaan secara visual. Bagaimanapun apa yang saya kemukakan disini tidak dapat menggantikan pemeriksaan visual karena hanya berdasarkan asumsi dan dugaan.
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.
Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar