Sukses

Perawatan orthodontik beda-beda?

19 Oct 2014, 20:06 WIB
Wanita, 16 tahun.
Sakit pada gigi malam dok, saya ingin bertanya. saya sekarang sedang menjalani perawatan untuk pemasangan behel. saya dengar dari teman-teman ada yang memasang 4-5 jt,7, dan 8jt. apa ada perbedaan model atau yg lain dari behelnya itu sendiri? terimakasih.( perempuan, 16 thn,150 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdri. yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Biaya perawatan orthodontik sangat relatif, bergantung pada jenis dan merk material yang digunakan, dan keahlian (skill) dokter gigi. Reputasi dan tempat berpraktek dokter gigi pun turut menentukan besarnya jasa perawatan yang dikenakan dokter gigi terhadap pasiennya. Seorang dokter gigi spesialis orthodontik (drg Sp.Ort) umumnya mengenakan biaya perawatan yang lebih tinggi daripada dokter gigi umum yang mendapatkan ilmu untuk perawatan orthodontik hanya melalui kursus saja, karena drg Sp.Ort mendapatkan ilmu dan kompetensinya melalui lembaga pendidikan (universitas) dan telah banyak latihan menangani kasus orthodontik semasa pendidikan spesialisnya di bawah supervisi staf pengajar spesialis orthodonti, sedangkan pendidikan dokter gigi umum tidak diberikan ilmu yang mendalam tentang perawatan orthodontik terutama yang menggunakan alat cekat dengan kasus-kasus yang rumit. Dengan demikian (semestinya) keahlian drg Sp.Ort melebihi drg umum yang juga mengerjakan ortho, dan keahlian inilah yang dihargai lebih.

Meski demikian pasien juga sebaiknya selektif dalam memilih dokter, sebab harga yang mahal tidak selalu menjamin bahwa kualitas dan hasil perawatan akan lebih baik. Mintalah informasi sebanyak-banyaknya dari dokter gigi yang merawat gigi Anda sebelum dilakukan perawatan, dengan pertimbangan dari aspek medis maupun biaya. Kasus maloklusi yang ringan dapat ditangani oleh dokter gigi umum sehingga biayanya mungkin lebih murah, namun pada kasus berat sebaiknya ditangani oleh drg Sp.Ort yang berkompeten dan bereputasi baik. Jangan berpaling ke tukang gigi hanya demi mendapatkan harga murah, sebab belakangan ini makin banyak tukang gigi yang berani memberikan perawatan orthodontik padahal mereka sama sekali tidak memiliki kompetensi dan ilmu kedokteran gigi dan tidak memiliki izin resmi untuk melakukan perawatan gigi.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar