Sukses

Gigi baru dicabut

18 Oct 2014, 20:30 WIB
Wanita, 26 tahun.
Selamat Pagi Dokter, Mau tanya, 4 hari yang lalu saya memberanikan diri untuk mencabut gigi ke 5 (graham kecil bawah sebelah kanan) karena atas saran drg saya yang menyatakan gigi saya sudah busuk/abses sehingga harus dicabut. Setelah gigi tsb di cabut saya lihat akarnya masih terlihat bagus dan memang mahkotanya sudah berubah warna. Pertanyaan saya : 1. Sebenernya kalo seandainya waktu itu saya pertahankan gigi tsb apakah masih bisa ? 2. Efek dari cabut gigi tsb sampai skg msih saya rasakan, gusi bekas cabutan terasa bengkak dan masih suka nyut-nyut padahal antibiotik sudah habis 3. Paska pencabutan gigi, saya langsung menggunakan gigi graham sampingnya utk makan karena yang sebelah kiri jg sudah bolong dan tambalannya lepas:(..apakah itu diperbolehkan? 4. Perlukah di pasang gigi palsu? terima kasih dokter , jawabannya saya tunggu ;)( perempuan, 26 thn,160 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Sdri. yang terhormat,
Terima kasih atas pertanyaan Anda. Pencabutan memang pilihan perawatan terakhir, jika perawatan lain sudah tidak mungkin dilakukan. Bisa/tidaknya gigi dipertahankan bergantung pada tingkat kerusakan yang terjadi, pada dasarnya jika batas sisa mahkota gigi masih di atas tulang alveolar (tulang yang menyangga gigi) maka gigi masih bisa dibuatkan mahkota tiruan pasak jadi tidak perlu dicabut. Namun sebelumnya  gigi tersebut dirawat saluran akar terlebih dulu. Perawatan ini umumnya membutuhkan lebih dari satu kali kunjungan, dan membutuhkan keahlian dokter gigi agar perawatan dapat berhasil terutama karena Anda menyebutkan bahwa pada gigi tersebut sudah terjadi abses.

Proses penyembuhan luka paska pencabutan memang membutuhkan waktu yang cukup lama, penutupan soket bekas gigi yang dicabut umumnya ditutup oleh jaringan lunak sebulan setelah pencabutan, dan kemudian tulang akan tumbuh kembali mengisi soket tersebut umumnya membutuhkan waktu hingga 6 bulan. Boleh saja menggunakan geraham disamping gigi yang baru dicabut namun perlu diperhatikan agar jangan sampai sisa makanan tersangkut di soket, dan kalaupun ada makanan yang tersangkut jangan dikorek-korek dengan alat yang tidak steril karena dapat menyebabkan luka kembali dan memperlama waktu penyembuhan luka, jadi cukup dikumur saja secara perlahan.

Idealnya, gigi yang hilang sebaiknya diganti dengan gigi tiruan, karena jika tidak maka dapat berdampak pada gigi-gigi yang lain. Gigi yang berada di dekat gigi yang hilang ( gigi sebelah maupun gigi lawan) dapat berubah posisi, dan tulang alveolar yang sudah tidak bergigi lama-lama bisa makin menurun ketinggiannya karena sudah tidak ada gigi yang disangga, akibatnya dapat merubah wajah (terlihat kempot).

Ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter gigi lain secara langsung untuk mendapatkan second opinion. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar