Sukses

sakit setelah odontektomi

18 Oct 2014, 22:40 WIB
Wanita, 26 tahun.
Sakit pada gigi ngilu; Rahang Bawah Kanan Molar 3 7 hari yg lalu sy mjalani odontektomi di RS pemerintah dan dikerjakan oleh drg.umum. saat itu tjd kesulitan pada tindakan anestesi.karena anestesi yang diberikan sdh byk, tp sy msh mrs sakit.akhirnya ditambah trus sampai sy tdk mrs sakit.drg nya sempat blg mgkn ad mslh dg nerve nya karena tidak biasanya dg anstesi sebanyak itu msh trasa sakit. akhirnya dlakukan odontektomi.post op tdk ad mslh, hny rembesan darah selama 12 jam an.tp pd hari k 4-5 , sy mrsakan ngilu, kemeng di daerah post op dan tidak diicu perub suhu ato makanan. ngilu yang saya rasakan terasa menjalar sampai rahang dan telinga kadang sampai mata. kenapa itu? ap ad hubungannya dg odontektominya?trimksh( perempuan, 26 thn,155 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdri yang terhormat,
Terima kasih atas pertanyaan Anda. Bagaimana dengan rasa nyeri yang Anda rasakan, apakah disertai rasa dan bau yang tidak enak?

Paska odontektomi, umumnya pasien akan merasakan ketidaknyamanan, disertai rasa sakit dan pembengkakan dan hal tersebut merupakan hal yang wajar dan biasanya rasa sakit sedikit-demi sedikit akan semakin berkurang dari hari ke hari. Namun pada beberapa kasus pasien dapat mengalami komplikasi yang disebut dry socket atau alveolar osteitis, yang merupakan bentuk komplikasi yang cukup sering terjadi paska od. Kondisi ini terjadi karena rusak/lepasnya bekuan darah yang telah terbentuk di soket bekas gigi yang sudah dicabut. Akibatnya tulang alveolar terekspos, dan proses penyembuhan terhambat.

Gejala dry socket diantaranya adalah rasa sakit yang sedang hingga berat, seringkali sakitnya berdenyut tajam. Rasa sakit tsb dapat terlokalisir/terbatas pada daerah gigi yang sudah dicabut, namun dapat juga menjalar pada telinga dan mata pada sisi yang sama dengan gigi yang baru dicabut/odontektomi.

Penyebab pasti dari dry socket masih belum dapat dipastikan tapi ada beberapa faktor yang dikaitkan sebagai pemicu terjadinya drysocket, diantaranya:
- pasien yang tidak mengikuti instruksi paska operasi dengan benar, misalnya instruksi untuk tidak melakukan gerakan-gerakan menghisap/menyedot/berkumur karena dapat mengganggu pembentukan bekuan darah
- pasien yang pernah mengalami riwayat dry socket pada pencabutan terdahulu; kasus dengan kesulitan/komplikasi saat pencabutan/odontektomi; pasien yang merokok; dan pasien yang menggunakan kontrasepsi lebih beresiko untuk mengalami dry socket. Demikian juga adanya infeksi terdahulu pada gigi yang dicabut, misalnya ada abses/granuloma pada ujung akar gigi.
- infeksi bakteri patogen selama dan setelah operasi terutama pada pasien dengan kebersihan gigi dan mulut yang buruk
- pada salah satu literatur disebutkan penggunaan anestesi lokal memang dapat memicu

Untuk perawatan dry socket umumnya tidak mempan hanya dengan meminum analgesik (obat penghilang rasa sakit) saja.Pasien disarankan untuk kembali ke dokter gigi yang melakukan pencabutan, yang dapat mengatasi dry socket dengan mengirigasi/membersihkan soket tersebut dengan larutan saline, atau hidrogen peroksida 3 % bila sudah terjadi infeksi. Setelah itu soket akan ditutup dengan "dressing" yang mengandung medikamen, yang akan diganti secara berkala.
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.
Drg.Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar