Sukses

Penyebab kedutan pada bibir

20 Oct 2014, 11:05 WIB
Wanita, 33 tahun.
Selamat Pagi, Mengapa bibir tiba-tiba bisa bergerak sendiri? apakah ada kerusakan pada saraf wajah ? Bisakah diterapi ? Terimaksih atas jawabannya( perempuan, 33 thn,157 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Bibir tiba-tiba bergerak sendiri yang dikenal dengan kedutan (twitching) dapat sangat mengganggu meskipun sebenarnya penyebabnya kemungkinan tidak serius. Kebanyakan penyebabnya datang dari stres, fatigue/lelah, emosi, kelebihan konsumsi kafein, atau kurangnya kalium dalam makanan.

Seringkali kedutan dapat hilang sendiri, baik dalam beberapa menit ataupun beberapa hari tanpa ada gejala sisa. Namun, jika terjadi secara terus menerus harus ditelusuri kembali lebih jauh penyebab yang mendasari. 

Kedutan pada daerah bibir merupakan hasil dari kontraksi otot pada daerah bibir secara involunter (tidak disadari) dan secara tiba-tiba. Ini juga dapat dikarenakan kontraksi serat otot sebagai hasil dari stimulasi langsung atau iritasi atau cedera pada syaraf yang mempersyarafi otot tersebut. 

Sebelum mengambil langkah lebih jauh, coba Anda perhatikan dan perbaiki kemungkinan penyebab yang banyak terjadi- stres; fatigue/lelah; kelebihan konsumsi kafein misalnya pada kopi; atau kurang kalium yang banyak terkandung pada buah-buahan (pisang, alpukat), sayur-sayuran, susu, daging.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    1 Komentar

    • PungkasTM

      alhamdulillah terjawab, beberapa hari terkahir sering kedutan di bagian bibir atas.. belakangan memang sedikit stress karena pekerjaan. Semoga hanya karena stress.. Amin