Sukses

Naik Pesawat Saat Hamil

08 Mar 2010, 12:34 WIB
Wanita, 28 tahun.
Yth. Dokter Saya mau tanya nih dokter sekarang saya lagi hamil 18 minggu apakah kalau bepergian naik pesawat terbang sudah aman (dalam riwayat saya Alhamdulillah tidak mengalami flek, pendarahaan atau sejenis selama kehamilan).apakah perlu bawa vitamin atau obat buat keamanan kehamilan separti penguat kandungan? Saya juga mau tanya apakah obat alergi ctm dan calak (maaf kalau salah tulis) boleh dikonsumsi ileh ibu hamil? Terima kasih ( perempuan, 28 thn,162 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

 

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

1. Apakah aman untuk bepergian dengan pesawat terbang saat hamil 18 minggu?

Selama kondisi anda sehat saat hamil dan tidak terdapat komplikasi selama hamil, tidak menjadi masalah jika anda ingin bepergian dengan menggunakan pesawat terbang. Namun biasanya bepergian dengan menggunakan pesawat terbang akan memperburuk keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil terutama di trimester pertama, seperti mual-mual, muntah, sakit pinggang akibat duduk terlalu lama, dll. Karena itu sebaiknya anda sudah mempersiapkan diri dengan obat-obatan dari dokter anda untuk menangani hal-hal tersebut. Anda tidak perlu membawa obat penguat kehamilan jika selama ini kondisi kehamilan anda sehat.

2. Apakah obat anti alergi boleh digunakan oleh ibu hamil?

Antihistamin atau sering dikenal sebagai antialergi aman digunakan selama kehamilan. Antihistamin yang aman termasuk diantaranya adalah klorfeniramin maleat (ctm), klemastin, difenhidramin, dan doksilamin. Antihistamin generasi II  seperti loratadin, setirizin, astemizol, dan feksofenadin baru memiliki sedikit data mengenai penggunannnya selama kehamilan. Anda juga dapat mengetahui macam-macam obat lain yang dapat dikonsumsi selama kehamilan melalui situs kami yang berjudul Obat-obat dalam kehamilan.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar