Sukses

Belum memiliki keturunan

08 Mar 2010, 14:19 WIB
Wanita, 27 tahun.
pagi dok, saya mau menanyakan tahapan untuk pemeriksaan program hamil bagaimana? saya sudah 4 tahun belum dikaruniai keturunan, dan ingin memeriksakan lebih lanjut. terimakasih ( perempuan, 27 thn,159 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kriteria Infertilitas Primer (gangguan keseuburan) adalah apabila setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2 - 3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi, belum terjadi kehamilan. Penyebab dari infertilitas primer dapat dari pihak suami ataupun istri.

Ibu sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan dimana akan dilakukan anamnesa atau wawancara mengenai kondisi Ibu, termasuk di dalamnya siklus menstruasi. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan dalam (melihat vagina dan daerah leher rahim) serta melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui anatomi alat kandungan.

Dari anamnesia, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang, akan didapatkan hasil apakah ibu memerlukan pemeriksaan tambahan, seperti pemeriksaan HSG (untuk mengetahui sumbatan saluran tuba), dan pemeriksaan hormonal (tergantung kebutuhan.

Sementara itu, pihak suami  dapat melakukan pemeriksaan analisis sperma (kualitas dan kuantitas) yang akan diinterpretasikan oleh dokter spesialis andrologi.

Ikuti pola hidup sehat, berhubungan intim teratur terutama 2-3x/minggu, dan banyaklah berdoa kepada Yang Maha Kuasa. Selain itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan kehamilan, yaitu:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik
  • Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio
  • Asupan nutrisi yang adekuat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup

Demikian informasi yang kami berikan, semoga bermanfaat (TRH)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar