Sukses

Sesak dan batuk

15 Feb 2010, 11:26 WIB
Pria, 22 tahun.
Saya sudah mengalami sesak ringan selama 6 bulan Awalnya pilek biasa, produksi lendir cukup banyak. Gejala: - hidung tersumbat salah satu secara bergantian - nafas kurang lancar - mudah bersin saat membersihkan sesuatu yg berdebu - saat posisi duduk tegap cukup lama, nafas jd sesak, tp saat agak bungkuk tidak terlalu sesak - badan lemas - ulu hati apabila ditekan agak sakit, tp nafas lumayan lega Sudah periksa lebih dari 5 dokter: - 3 dokter umum - 2 spesialis paru Dokter umum diagnosa sesak karena lendir / dahak Dokter spesialis paru pertama diagnosa bronkitis Dokter spesialis paru kedua diagnosa alergi Ronsen paru 2 kali: 1. kesan bronkitis 2. sehat Pertanyaan saya: 1. Saya sakit ap? 2. Sebaiknya saya periksa ke dokter ap? 3. Larangan buat sy ap? 4. Penyembuhannya gmn? Terima Kasih( laki-laki, 22 thn,166 cm,72 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Dari data medis yang Anda berikan kepada kami, kemungkinan penyebab keluhan Anda saat ini memang menyerupai bronkitis. Bronkitis sendiri dapat dicetuskan oleh infeksi dan asap rokok. Alergi sendiri dapat memicu gejala influenza Anda dan menyebabkan hidung tersumbat.

Apakah Anda sudah diberikan pengobatan? Apabila Anda sudah diberi pengobatan, apakah terdapat perbaikan gejala? Baik alergi maupun bronkitis, sebaiknya menghindari pencetus alergi (ex. debu), polusi udara (memakai masker apabila di jalanan), dan asap rokok.

Penyembuhannya adalah mencegah tercetusnya kembali gejala ini melalui pengobatan antibiotik di awal penyakit dan dilanjutkan dengan mencegah hal-hal seperti yang kami sebutkan di atas. Apabila memang terdapat sesak, kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis paru.

Demikian informsi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar